Dukung Kami PKN4ALL Dengan Donasi di https://saweria.co/jokosan | Scan Barcode Di Samping | Kami PKN4ALL Besar Karena Dukungan Anda Semua. Terima Kasih!

Apa saja faktor pendukung arus globalisasi Indonesia?

Faktor Pendukung
Agar bangsa Indonesia dapat menyesuaikan diri dengan perubahan zaman, perlu diciptakan suasana atau iklim yang mendukung kita untuk menghadapi arus globalisasi pada abad ke-21. Suasana atau iklim yang mendukung kita untuk menghadapi arus globalisasi, antara lain sebagai berikut.
1) Suasana keterbukaan
Bangsa Indonesia hendaknya tidak menutup diri dari segala apa yang datang dari luar, baik itu kemajuan iptek, pola hidup, pola pikir, dan berbagai konsep yang siap pakai untuk suatu pembaruan. Akan tetapi, keterbukaan ini bukan berarti terbuka selebar-lebarnya, tanpa melalui proses penyaringan. Kita harus terbuka, tetapi tetap harus dapat menyeleksi, mana yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan mana yang tidak Suasana keterbukaan juga dimaksudkan terbuka dalam berbagai bidang kehidupan, baik politik, ekonomi, sosial budaya, maupun dalam bidang lain. Akan tetapi, tetap dalam kerangka kesetiaan terhadap bangsa dan negara.

2) Menghargai hasil karya orang lain
Orang akan merasa tertantang untuk melakukan inovasi apabila hasil karyanya dihargai. Hal ini sangat menguntungkan bagi kemajuan hidup kita, sehingga kita tidak selamanya harus mengimpor penemuan-penemuan baru dari negara-negara maju. Untuk itu, iklim demikian perlu kita kembangkan.

3) Meningkatkan pendidikan masyarakat
Diakui ataupun tidak, pendidikan memegang peran penting dalam upaya meningkatkan daya saing suatu masyarakat ataubangsa. Di era globalisasi, bangsa Indonesia dihadapkan pada persaingan yang sangat tajam. Untuk itu, diperlukan sumber daya manusia yang berkualitas, baik secara akademis maupun secara sosial-emosional. Peningkatan sumber daya manusia yang berkualitas ini hanya dapat dilakukan melalui peningkatan pendidikan

4) Sistem mobilitas sosial terbuka
Dengan sistem mobilitas sosial terbuka, manusia Indonesia memiliki hak yang sama untuk berkembang dan meningkatkan derajat serta martabat hidupnya, tanpa dihalang-halangi. Kondisi seperti ini sangat mendorong bangsa kita untuk berpacu meningkatkan kualitas hidup dirinya, dan ini tentu sangat kondusif (mendukung) untuk meningkatkan daya saing bangsa kita dalam percaturan internasional.

0 comments:

Posting Komentar

Materi Lama

    Dukung Kami PKN4ALL Dengan Donasi di https://saweria.co/jokosan | Scan Barcode Di Atas | Kami PKN4ALL Besar Karena Dukungan Anda Semua. Terima Kasih!

    Postingan Populer

     
    Apa saja faktor pendukung arus globalisasi Indonesia?