Dukung Kami PKN4ALL Dengan Donasi di https://saweria.co/jokosan | Scan Barcode Di Samping | Kami PKN4ALL Besar Karena Dukungan Anda Semua. Terima Kasih!

Jelaskan sejak mulai kapan istilah Pancasila dikenal?

Ternyata, istilah Pancasila telah dikenal sejak jaman Majapahit pada abad ke-14, yaitu terdapat dalam buku Negara Kertagama karangan Empu Prapanca, dan dalam buku Sutasoma karangan Empu Tantular. Kata Pancasila berasal dari bahasa Sansekerta. Panca berarti lima, sila berarti berbatu sendi, alas, prinsip atau dasar. Pancasila juga berarti “Pelaksanaan kesusilaan yang lima”.

Selanjutnya istilah Pancasila dipakai oleh Ir. Soekarno pada saat beliau menyampaikan pidato mengenai dasar negara di depan Sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPKI) pada tanggal 1 Juni 1945. Saat itu, Pancasila dimaksudkan oleh  Ir. Soekarno untuk dijadikan dasar negara

Indonesia merdeka. Pancasila sebagai pandangan hidup dan dasar filosofis bagi negara Indonesia merdeka. Ir. Soekarno menyampaikan lima dasar negara yang kemudian ia namakan Pancasila. Panca artinya lima, sila artinya asas atau dasar. Di atas kelima dasar itulah kita mendirikan Negara Indonesia yang kekal dan abadi. Istilah Pancasila dicetuskan pertama kali oleh Ir. Soekarno pada tanggal 1 Juni 1945 maka sekarang ini tanggal 1 Juni diperingati sebagai Hari Kelahiran Pancasila


Makna Pancasila secara historis artinya makna Pancasila ditinjau dari sejarahnya. Untuk memahami makna Pancasila secara historis perlu kita pahami bagaimana proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara. Nah, lewat penjelasan dibawah kalian bisa mempelajari proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara. Pancasila sebagai dasar negara pertama kali dibicarakan dalam sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Badan ini dibentuk pada tanggal 29 April 1945 oleh Jepang dan dilantik pada tanggal 28 Mei 1945. Sidang Pertama berlangsung pada tanggal 29 Mei-1 Juni 1945. Dalam sidang tersebut dibahas asas dan dasar negara Indonesia merdeka.

0 comments:

Posting Komentar

Materi Lama

    Dukung Kami PKN4ALL Dengan Donasi di https://saweria.co/jokosan | Scan Barcode Di Atas | Kami PKN4ALL Besar Karena Dukungan Anda Semua. Terima Kasih!

    Postingan Populer

     
    Jelaskan sejak mulai kapan istilah Pancasila dikenal?