Dukung Kami PKN4ALL Dengan Donasi di https://saweria.co/jokosan | Scan Barcode Di Samping | Kami PKN4ALL Besar Karena Dukungan Anda Semua. Terima Kasih!

Hak mutlak terdiri dari apa saja?

Hak mutlak ialah hak yang memberikan wewenang kepada sesorang untuk melakukan sesuatu perbuatan. Hak tersebut dapat dipertahankan terhadap siapapun, dan setiap orang harus menghormatinya. Hak mutlak terdiri dari:

1) Hak asasi manusia, misalnya hak untuk bebas bergerak dan tinggal di suatu negara.

2) Hak publik mutlak, misalnya hak negara untuk memungut pajak dari  rakyatnya.

3) Hak keperdataan, misalnya hak marital (hak suami untuk menguasai istrinya dan harta benda istri), hak/kekuasaan orang tua, hak perwalian dan hak pengampuan. Hak nisbi ialah hak yang memberikan wewenang kepada seseorang/ beberapa orang tertentu untuk menuntut agar orang/beberapa orang lain memberikan sesuatu, dan melakukan/tidak melakukan sesuatu. Misalnya pada persetujuan jual beli terdapat hak relatif, seperti:

1) Penjual berhak menerima pembayaran dan berkewajiban menyerahkan barang kepada pembeli.

2) Pembeli berhak menerima barang dan berkewajiban melakukan pembayaran kepada penjual.

Sebagai warga negara kita memiliki hak dan kewajiban yang diatur dalam UUD 1945. Hak dan kewajiban tersebut meliputi bidang-bidang politik, hukum, ekonomi, budaya, hak asasi manusia, agama dan pertahanan serta keamanan

0 comments:

Posting Komentar

Materi Lama

    Dukung Kami PKN4ALL Dengan Donasi di https://saweria.co/jokosan | Scan Barcode Di Atas | Kami PKN4ALL Besar Karena Dukungan Anda Semua. Terima Kasih!

    Postingan Populer

     
    Hak mutlak terdiri dari apa saja?