Dukung Kami PKN4ALL Dengan Donasi di https://saweria.co/jokosan | Scan Barcode Di Samping | Kami PKN4ALL Besar Karena Dukungan Anda Semua. Terima Kasih!

Soal, Kunci Jawaban, Pembahasan USBN PKN Tahun 2018 Terbaru (Bag. 9)

pkn4all.blogspot.com_ Kali ini admin akan bagikan kepada kalian lanjutan contoh soal dan pembahasan USBN tahun 2018 bagian delapan. Semoga soal-soal yang admin bagikan ini dapat membantu kalian dalam menghadapi ujian sekolah dan mencari referensi soal-soal ujian sekolah berbasis nasional. Selamat belajar.

Soal, Kunci Jawaban, Pembahasan USBN PKN Tahun 2018 Terbaru (Bag. 9)

1. Contoh ancaman di dalam negara antara lain ....
A. antikorupsi
B. bela negara
C. mengusir penjajah
D. kerusuhan

2. Ketentuan yang mengatur pergaulan kita sesuai dengan tata kesopanan dan kesusilaan yang berlaku pada masyarakat umum disebut ....
A. norma agama 
B. norma adat 
C. norma moral
D. norma hukum

3. Pada tahun 1974 sudah ada peraturan tentang otonomi daerah yang diterapkan dalam ....
A. UU No. 5/1974
B. UU No. 5/1973
C. UU No. 4/1974
D. UU No. 4/1973

4. Kehendak yang akan dicapai dalam penetapan politik luar negeri dan peningkatan kerja sama internasional adalah semakin meningkatnya peranan Indonesia dalam hubungan internasional dan dalam menciptakan perdamaian dunia, hal ini merupakan ... dalam politik luar negeri di era globalisasi.
A. tujuan 
B. sasaran 
C. permasalahan
D. arah kebijakan

5. Globalisasi pada dasarnya lebih condong ke arah sistem kapitalis yang sangat individualistis dan ingin memperoleh keuntungan yang lebih besar. Termasuk dampak negatif globalisasi terhadap ....
A. sektor keuangan
B. tenaga kerja
C. tatanan sosial
D. perilaku masyarakat

Kunci Jawaban dan Pembahasan

1. Ancaman kerusuhan akan timbul jika terjadi kesenjangan ekonomi, seperti pembangunan nasional tidak berhasil memberikan kesejahteraan terhadap masyarakat.
Jawaban: D

2. Berbeda dengan norma adat dan agama yang berlaku bagi golongan tertentu, norma moral bersifat lebih umum.
Jawaban: C

3. UU No. 5/1974 juga membahas otonomi daerah UU ini belum mampu mendorong otonomi daerah karena masih terlalu lemah dan daerah masih belum mampu melakukan otonomi.
Jawaban: A

4. Semakin meningkatnya peranan Indonesia dalam hubungaan internasional dan dalam menciptakan perdamaian dunia serta pulihnya citra Indonesia dan kepercayaan masyarakat internasional serta mendorong terciptanya tatanan dan kerjasama ekonomi regional dan internasional yang lebih baik dalam mendukung pembangunan nasional.
Jawaban: B

5. Dampak terhadap tatanan sosial seperti mengabaikan solidaritas sosial sehingga bersifat masa bodoh terhadap permasalahan masyarakat di lingkungan sekitarnya.
Jawaban: C

0 comments:

Posting Komentar

Materi Lama

    Dukung Kami PKN4ALL Dengan Donasi di https://saweria.co/jokosan | Scan Barcode Di Atas | Kami PKN4ALL Besar Karena Dukungan Anda Semua. Terima Kasih!

    Postingan Populer

     
    Soal, Kunci Jawaban, Pembahasan USBN PKN Tahun 2018 Terbaru (Bag. 9)