Dukung Kami PKN4ALL Dengan Donasi di https://saweria.co/jokosan | Scan Barcode Di Samping | Kami PKN4ALL Besar Karena Dukungan Anda Semua. Terima Kasih!

Soal, Kunci Jawaban, dan Pembahasan USBN PKN Tahun 2018 Terbaru (Bag. 1)

pkn4all.blogspot.com_ Selamat datang di blog pkn4all.blogspot.com. Kali ini admin akan bagikan kepada kalian contoh soal USBN mata pelajaran PKN terbaru 2018. Semoga soal-soal yang admin bagikan ini dapat membantu kalian dalam mencari referensi soal-soal ujian nasinal berbasis nasional. Selamat belajar, semoga sukses.

Soal, Kunci Jawaban, dan Pembahasan USBN PKN Tahun 2018 Terbaru (Bag. 1)

1. Dalam penyelenggaraan pemilu, setiap pemilih dan peserta pemilu mendapatkan perlakuan yang sama serta bebas dari kecurangan pihak manapun. Hal ini sesuai dengan asas pemilu ....
A. langsung 
B. bebas 
C. adil
D. jujur

2. Pancasila mendidik warga negaranya untuk memiliki sikap sebagai berikut, kecuali ....
A. nasionalis
B. demokratis
C. adil
D. tidak menghargai perbedaan

3. Suatu negara yang terdiri dari beberapa negara bagian yang merdeka dan berdaulat kemudian negara-negara tersebut menggabungkan diri untuk membentuk suatu ikatan kerja disebut negara ....
A. serikat atau federasi
B. demokratis
C. negara kesatuan
D. negara otoriter

4. Peraturan hidup yang dianggap sebagai suara hati sanubari manusia disebut ....
A. norma agama
B. norma kesusilaan
C. norma hukum
D. norma kesopanan

5. Tujuan hukum adalah ....
A. ketertiban, kedamaian dan keadilan
B. kedamaian, ketertiban dan kesopanan
C. kesopanan, kedamaian dan keadilan
D. keadilan, ketertiban dan kesusilaan

Kunci Jawaban:

1. Setiap pemilih dan peserta pemilu mendapatkan perlakuan yang sama serta bebas dari kecurangan sesuai dengan asas pemilu, yaitu adil.
Jawaban: C

2. Pancasila sebagai ideologi negara mengajarkan warga negaranya memiliki sikap cinta tanah air (nasionalis), demokratis, adil, dan menghargai perbedaan.
Jawaban: D

3. Suatu negara yang terdiri dari beberapa negara bagian yang merdeka dan berdaulat kemudian negara-negara tersebut menggabungkan diri untuk membentuk suatu ikatan kerja disebut negara serikat (federasi).
Jawaban: A

4. Macam-macam norma yang berlaku dalam masyarakat, yaitu norma agama, kesusilaan, kesopanan, dan hukum. Norma kesusilaan adalah peraturan hidup yang dianggap sebagai suara hati sanubari manusia.
Jawaban: B

5. Tujuan hukum adalah menjamin kepastian hukum, ketertiban, kedamaian, dan keadilan dalam masyarakat.
Jawaban: A

0 comments:

Posting Komentar

Materi Lama

    Dukung Kami PKN4ALL Dengan Donasi di https://saweria.co/jokosan | Scan Barcode Di Atas | Kami PKN4ALL Besar Karena Dukungan Anda Semua. Terima Kasih!

    Postingan Populer

     
    Soal, Kunci Jawaban, dan Pembahasan USBN PKN Tahun 2018 Terbaru (Bag. 1)