Dukung Kami PKN4ALL Dengan Donasi di https://saweria.co/jokosan | Scan Barcode Di Samping | Kami PKN4ALL Besar Karena Dukungan Anda Semua. Terima Kasih!

Soal, Kunci Jawaban, dan Pembahasan USBN PKN Tahun 2018 Terbaru (Bag. 2)

pkn4all.blogspot.com_ Kali ini admin akan bagikan kepada kalian contoh soal pilihan ganda dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan. Semoga soal-soal yang admin bagikan ini dapat membantu kalian dalam mencari referensi soal-soal ujian sekolah berbasis nasional. Selamat belajar, semoga kalian sukses.

Soal, Kunci Jawaban, dan Pembahasan USBN PKN Tahun 2018 Terbaru (Bag. 2)

1. Di bawah ini adalah teori-teori kedaulatan, kecuali ....
A. kedaulatan Tuhan
B. kedaulatan hukum
C. kedaulatan rakyat
D. kedaulatan masyarakat

2. Seperangkat prinsip yang menjadi dasar, arah, dan tujuan yang ingin dicapai dalam kehidupan nasional suatu bangsa dan negara adalah pengertian dari ....
A. demokrasi 
B. nasionalisme 
C. ideologi
D. hukum

3. Rumusan Pancasila terkandung di dalam ....
A. Pembukaan UUD 1945
B. UUD 1945
C. UU No. 32 Tahun 2004
D. UUDS 1950

4. PPKI mengadakan sidang pertamanya pada tanggal ....
A. 17 Agustus 1945
B. 18 Agustus 1945
C. 16 Agustus 1945
D. 15 Agustus 1945

5. Setiap warga negara mengutamakan persatuan, kesatuan, kepentingan, dan keselamatan bangsa dan negara diatas kepentingan pribadi dan golongan. Hal tersebut merupakan golongan ....
A. Ketuhanan Yang Maha Esa
B. Kemanusian Yang adil dan Beradab
C. Persatuan Indonesia
D. Keadilan Sosial

Kunci Jawaban dan Pembahasan:

1. Secara umum teori kedaulatan dikelompokkan menjadi teori kedaulatan Tuhan, negara, hukum, dan rakyat.
Jawaban: D

2. Untuk menjalankan suatu pembangunan di wilayah, suatu bangsa harus memiliki ideologi sebagai dasar, arah dan tujuan untuk pembangunan.
Jawaban: C

3. Pada sidang BPUPKI Bung Karno menyampaikan usulan dasar-dasar yang akan digunakan sebagai dasar negara Indonesia merdeka yang akan dibentuk. Dasar tersebut terdiri dari lima dasar (asas) yang kemudian disebut Pancasila, terdapat dalam pembukaan UUD 1945.
Jawaban: A

4. PPKI mengadakan sidang tanggal 18 Agustus 1945 menjadikan Piagam Jakarta sebagai pendahuluan yang dikenal sebagai pembukaan UUD 1945.
Jawaban: B

5. Konsep inti: nilai Pancasila Nilai persatuan Indonesia melahirkan kesanggupan dan kerelaan berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi dan golongan.
Jawaban: C

0 comments:

Posting Komentar

Materi Lama

    Dukung Kami PKN4ALL Dengan Donasi di https://saweria.co/jokosan | Scan Barcode Di Atas | Kami PKN4ALL Besar Karena Dukungan Anda Semua. Terima Kasih!

    Postingan Populer

     
    Soal, Kunci Jawaban, dan Pembahasan USBN PKN Tahun 2018 Terbaru (Bag. 2)