Dukung Kami PKN4ALL Dengan Donasi di https://saweria.co/jokosan | Scan Barcode Di Samping | Kami PKN4ALL Besar Karena Dukungan Anda Semua. Terima Kasih!

Sistem Politik

Sistem Politik

Pengertian Sistem Politik

Pada dasarnya konsep sistem politik di pakai untuk keperluan analisis, dimana suatu sistem bersifat abstrak. Dalam konteks ini sistem terdiri dari beberapa variabel, selain itu konsep sistem politik dapat diterapkan pada suatu situasi yang konkret, misalnya negara atau kesatuan yang lebih besar di mana sistem politik terdiri dari banyak sekali negara.

Dalam sistem politik terdapat 4 variabel yang sangat berpengaruh, yaitu sebagai berikut:

Kekuasaan, sebagai cara untuk mencapai hal yang diinginkan, antara lain membagi sumber-sumber diantara kelompok-kelompok dalam masyarakat.

Kepentingan, yaitu tujuan-tujuan yang akan dikejar oleh pelaku-pelaku atau kelompok politik.

Kebijakan, yaitu hasil interaksi antara kekuasaan dan kepentingan, biasanya dalam bentuk perundang-undangan.

Budaya politik, yaitu orientasi subyektif dari individu terhadap sistem politik

Para pakar mengemukakan definisi sistem politik sebagai berikut;

Sri Soemantri
Sistem politik ialah pelembagaan dari kekerabatan antar insan yang di lembagakan dalam bermacam-macam tubuh politik, baik suprastruktur politik (lembaga eksekutif, legislatif dan yudikatif) dan infrastruktur politik ( 5 komponen: partai politik, kelompok kepentingan, kelompok penekan, alat komunikasi politik dan tokoh politik)

Rusadi Kantaprawira
Sistem politik ialah mekanisme atau cara kerja seperangkat fungsi atau peranan dalam struktur politik yang bekerjasama satu sama lain dan menyampaikan suatu proses yang langgeng

David Easton
sistem politik adalah suatu sistem yang terdiri dari alokasi nilai-nilai; pengalokasian nilai-nilai tersebut bersifat paksaan; pengalokasian tersebut mengikat masyarakat secara keseluruhan.

Ciri-ciri Umum Sistem Politik

Menurut Almond, sistem politik memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
  1. Semua sistem politik, masyarakat yang sederhanapun memiliki kebudayaan politik.
  2. Semua sistem politik menjalankan fungsi yang sama walaupun tingkatannya berbeda-beda, yang di timbulkan alasannya ialah perbedaan struktur
  3. Semua struktur politik memiliki spesialisasi, baik pada masyarakat primitif maupun modern dalam melakukan banyak fungsi.

0 comments:

Posting Komentar

Materi Lama

    Dukung Kami PKN4ALL Dengan Donasi di https://saweria.co/jokosan | Scan Barcode Di Atas | Kami PKN4ALL Besar Karena Dukungan Anda Semua. Terima Kasih!

    Postingan Populer

     
    Sistem Politik