Dukung Kami PKN4ALL Dengan Donasi di https://saweria.co/jokosan | Scan Barcode Di Samping | Kami PKN4ALL Besar Karena Dukungan Anda Semua. Terima Kasih!

[Profil] Ir. Soekarno (Bung Karno)

Berikut ini merupakan profil/biografi/biodata/riwayat hidup Ir. Soekarno atau yang biasa dipanggil Bung Karno. Beliau merupakan Bapak Proklamator Indonesia. Beliaulah yang membacakan teks proklamasi. Semoga kita para generasi penerus bangsa, bisa meneladani perjuangan Ir. Soekarno.

Ini dia profil/biografi/biodata/riwayat hidup Ir. Soekarno (Bung Karno)

Presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno (Bung Karno), lahir di Blitar, Jawa Timur, 6 Juni 1901. Pada usia 14 tahun, seorang tokoh bernama Oemar Said Tjokroaminoto mengajak Soekarno tinggal di Surabaya.

Oemar Said Tjokroaminoto menyekolahkan Soekarno ke Hoogere Burger School (HBS), Surabaya.  Di sana, Soekarno bertemu dengan para pemimpin Sarekat Islam (SI), organisasi yang dipimpin Tjokroaminoto saat itu. 

Soekarno kemudian bergabung dengan organisasi Jong Java (Pemuda Jawa). Tamat HBS, Soekarno melanjutkan ke Technische Hooge School (sekarang ITB) di Bandung. Saat itu, Soekarno berinteraksi dengan Tjipto Mangunkusumo dan Dr. Douwes Dekker, pemimpin pemimpin organisasi National Indische Partij. 

Setelah berhasil meraih gelar insinyur pada 25 Mei 1926, Soekarno muda mendirikan PNI (Partai Nasional lndonesia) dengan tujuan Indonesia Merdeka. Akibatnya, Belanda, memasukkannya ke penjara Sukamiskin, Bandung. 

Pembelaannya yang berjudul Indonesia Menggugat membuat Belanda makin marah sehingga pada Juli 1930, PNI dibubarkan. Setelah bebas pada tahun 1931, Soekarno bergabung dengan Partindo dan sekaligus memimpinnya. Akibatnya, beliau kembali ditangkap Belanda dan dibuang ke Ende (Flores) dan sempat pula dipindahkan ke Bengkulu.

Soekarno Bapak Proklamator Indonesia

Bersama Bung Hatta, Bung Karno memproklamasikan kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1945. Ir. Soekarno juga berhasil menggali dan merumuskan Pancasila (1 Juni 1945) yang kemudian menjadi dasar (ideologi) Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Dalam upayanya mempersatukan Nusantara, beliau bahkan berhasil menghimpun bangsa-bangsa di Asia, Afrika, dan Amerika Latin dalam Konferensi Asia-Afrika di Bandung pada 1955 yang kemudian berkembang menjadi Gerakan Non-Blok.

Soekarno Meninggal

Soekarno meninggal pada tanggal 21 Juni 1970 di Wisma Yaso, Jakarta. Jenazahnya dikebumikan di Kota Blitar, Jawa Timur, dan kini menjadi ikon kota tersebut karena setiap tahunnya dikunjungi ratusan ribu hingga jutaan wisatawan dari seluruh penjuru dunia.
Sumber artikel: Ensiklopedi Tokoh/Pahlawan Indonesia
Foto : Wikipedia

0 comments:

Posting Komentar

Materi Lama

    Dukung Kami PKN4ALL Dengan Donasi di https://saweria.co/jokosan | Scan Barcode Di Atas | Kami PKN4ALL Besar Karena Dukungan Anda Semua. Terima Kasih!

    Postingan Populer

     
    [Profil] Ir. Soekarno (Bung Karno)