Dukung Kami PKN4ALL Dengan Donasi di https://saweria.co/jokosan | Scan Barcode Di Samping | Kami PKN4ALL Besar Karena Dukungan Anda Semua. Terima Kasih!

Pelaksana Kedaulatan Rakyat

Pelaksana Kedaulatan Rakyat
Di antara lembaga-lembaga tinggi negara yang terdapat di Indonesia, sebagian merupakan lembaga yang khusus memiliki tugas dan tanggung jawab yang terkait dengan keberadaan rakyat. Lebih khusus, tugas dan tanggung jawab itu dijalankan sebagai pelaksanaan dari kedaulatan rakyat. Lembaga-lembaga negara itu sebagai berikut.


  1. (1) Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).
  2. (2) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). 
  3. (3) Dewan Perwakilan Daerah (DPD).
Selain terdapat di pusat, lembaga perwakilan rakyat juga terdapat di daerah-daerah. Lembaga perwakilan rakyat di pusat, yakni DPR, merupakan lembaga tinggi negara yang berkedudukan di ibu kota negara sebagai wakil rakyat Indonesia. Sementara itu, lembaga perwakilan rakyat di daerah, yakni DPRD, merupakan lembaga yang berkedudukan di daerah sebagai wakil rakyat di masing-masing daerah. DPRD terdiri atas DPRD kabupaten, dan DPRD kota. DPRD kabupaten dan DPRD kota memiliki kedudukan yang sederajat; keduanya merupakan lembaga perwakilan rakyat daerah tingkat II.


Sumber: Buku Ajar PPKn Semester 1 Kelas 10 SMA/SMK Kurikulum 2013 dengan pengubahan.

0 comments:

Posting Komentar

Materi Lama

    Dukung Kami PKN4ALL Dengan Donasi di https://saweria.co/jokosan | Scan Barcode Di Atas | Kami PKN4ALL Besar Karena Dukungan Anda Semua. Terima Kasih!

    Postingan Populer

     
    Pelaksana Kedaulatan Rakyat