Dukung Kami PKN4ALL Dengan Donasi di https://saweria.co/jokosan | Scan Barcode Di Samping | Kami PKN4ALL Besar Karena Dukungan Anda Semua. Terima Kasih!

5 Sifat Norma Objektif Kesusilaan Terhadap Peserta didik

Dijaman yang berkembang seperti sekarang ini banyak pengaruh yang dapat merubah segala sikap dan pola pikir masyarakat terutama dikalangan pelajaran dengan usia yang minim atau usia yang bisa dikatakan remaja sangat sensitif terhadap perubahan sikap dan nilai moral dalam dirinya tanpa difikirkan terlebih dahulu dampak yang akan membuatnya dirinya terjerumus pada hal yang menyimpang, Terutama faktor yang berada didalam setiap indivvidu peserta didik yang rentan terhadap penyimpangan yang akan dilakukan.

Berikut 5 Sifat Norma Objektif Kesusilaan Terhadap Peserta Didik, diantaranya:

1. Hak Asasi Manusia (HAM)
    Setiap manusia yang terlahir pasti telah ditentukan nasib dan kehidupannya oleh Allah Swt. untuk dapat mengembangkan kehidupannya sehingga mampu menjadi manusia yang baik. Apalagi sekarang diperkuat dengan Hak Asasi Manuisa yang mana setiap warga negara memiliki hak yang benar-benar diindungi diantaranya seperti : Hak Hidup, Hak Kemerdekaan, Hak Memiliki, Hak Mencari Nafkah, Hak Belajar, Hak mengajar dll. Hal ini juga lebih diperkuat dengan adanya Undang-Undang No. 39 Tahun 1999, 

Yang berbunyi "Seperangkat hak yang melekat pada hakikat dan keberadaan Manusia sebagai mahluk Tuhan Yang Maha Esa dan merupakan anugerah-Nya yang wajib dihormati, dijunjung tinggi dan dilindungi oleh negara, hukum dan pemerintah, dan setiap orang demi kehormatan serta perlindungan harkat dan martabat Manusia. 

2. Kemanusiaan adalah satu (Mankind is One)
    Norma dasar dari Kesusilaan Manusia, Norma Objektif adalah individualita dan sosialita dari manusia, keperorangan dan kebersamaan hidup manusia. Keseimbangan antara kedua siafat kemanusiaan tersebut harus ada dimana tekanan tidak boleh berat sebelah karen tekanan yang berat sebelah akan mengakibatkan sifat yang lain. Oleh karena itu nilai kemanusiaan harus memiliki sifat yang seimbang antara satu dengan yang lainnya karena dalam nilai kemanusiaan mencakup mencakup kehidupan manusia baik berbangsa dan bernegara sehingga mampu merasa aman dan diperhatikan dari segi kehidupannya yang di jamin oelh negara demi memajukan kehidupan yang lebih baik. selama manusia berdiri sebagai  manusia tetap manusia mempunyai mempunyai sifat yang sama terhadap sesamanya. dan yang akan membedakannya adalah siafat yang tidak bisa dirubah sebagai ciri siata atau bawaan seperti sifat pemarah, egois, dan tempramental dan ada juga yang memiliki sifat yang penyabar, rendah hati, masa bodo terhadap orang lain.

3. Suatu Keharusan  dan Berada dalam Manusia (Inhaerent and Instrinsic)
    Dengan sifat itu pula terdapat sifat dari Norma Objektif Kesusilaan yang tidak boleh ditawar-tawar, atau dihilangkan dan dilanggar dalam dirinya itu adalah kodrat alamiah manusia yang terbawa sejak laihr sehingga tidak akan dapat merubah atau menciptakan manusia yang baru dan sama terhadap sifat-sifat yang lainnya itu mustahil akan ada dialam dunia ini. Dan ada juga  Manusia berada didalam Manusia (Intrinsic) seperti yang kita ketahui norma itu berakar pada alam sosial dan individual manusia yang Intrinsic . dengan ini kita temuka pula bahwa norma itu adalah norma yang masuk kedalam alam manusia, tinggal dalam alam manusia, seperti sesuatu yang ada pada kita yang selalu kita bawa. dengan sifat intrinsic kesusilaan itu kita kemukakan pula bahwa sifat itu selalu akan menyertai bangsa manuisa.

4. Tidak Berubah (Immutable)
     Pada diri kita dapat mengatakan bahwa kita dulu dan sekarang tetap manusia, tidak ada perubaha, dan kita hanyalah sebagai kenyataan dari manusia yang direalisasiakan pada diri kita. jika sekiranya alam manusia itu berubah, maka sifat poko dari manusia akan berubah pula. Tetapi kita lalu menjumpai jenis manusia lain yang tidak seperti sekarang in. Alam manusia dalam abadi. secara negatif dapat kita katakan bahwa alam manusia adalah tidak berubah (Immutable).

5. Menyeluruh/Umum
    Kemanusiaan adalah satu. maka tidak ada perpedaan pokok (Essential)  kemanusiaan dari bangsa manapun juga. perbedaan manusia adalah tercipta dalam bangs dan bentuk luar. Alam manusia adalah satu. dimana-mana. dari semua itu apa yang keluar dari gejala yang sama tentu akan mengakibatkan yang sama pula dalam perkenaan. dari itu norma objektif kesusilaan adalah sama baik dibarat maupun di timur, diselatan maupun diutara, pada bangsa manapun. Tetap Norma Objektif Kesusilaan adalah umum (Universal).

Semoga bermanfaat dan menjadi ilmu untuk kita semu.. Terima kasih.

0 comments:

Posting Komentar

Materi Lama

    Dukung Kami PKN4ALL Dengan Donasi di https://saweria.co/jokosan | Scan Barcode Di Atas | Kami PKN4ALL Besar Karena Dukungan Anda Semua. Terima Kasih!

    Postingan Populer

     
    5 Sifat Norma Objektif Kesusilaan Terhadap Peserta didik