Dukung Kami PKN4ALL Dengan Donasi di https://saweria.co/jokosan | Scan Barcode Di Samping | Kami PKN4ALL Besar Karena Dukungan Anda Semua. Terima Kasih!

Contoh Soal Latihan PKN Kelas 9 Semester 1 Lengkap dengan Kunci Jawaban dan Pembahasan

pkn4all.blogspot.com_ Kali ini kami akan membagikan contoh soal latihan kelas 9 (sembilan) materi tentang 'Dinamika Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa' Soal yang kami bagikan ini sudah sesuai dengan kurikulum 2013 dan telah revisi. Jadi rekan-rekan guru dan juga peserta didik tak usah kuatir kerena apa yang kalian pelajari sudah tepat. Selamat belajar semoga sukses dan apa yang kalian cita-citakan dapat tercapai dengan baik. Salam dari kami admin blog.

Soal Latihan
Pilihlah jawaban yang tepat!

1. Pernyataan yang tidak sesuai dengan istilah dasar negara adalah ....
A. Pancasila merupakan dasar negara Indonesia
B. dasar negara sebagai dasar pembentuk negara
C. semua negara menganut dasar negara yang sama
D. Pancasila merupakan fondasi bangunan Indonesia

Kunci Jawaban : C
Pembahasan : Setiap orang mempunyai dasar negara tersendiri. Dasar negara setiap negara diambil dari nilai-nilai kehidupan sosial budaya setempat. Setiap negara mempunyai kehidupan sosial budaya sendiri sebagai bagian dari jati diri bangsa yang bersangkutan. Seperti halnya Pancasila yang diambil dari nilai-nilai kehidupan sosial budaya masyarakat Indonesia. Pada saat ini nilai-nilai kehidupan sosial budaya masyarakat Indonesia diambil, semua ketentuan untuk membangun bangsa dan negara harus disesuaikan dengan nilai-nilai tersebut.

2. Perhatikan wacana berikut!
Setiap negara mempunyai dasar negara. Indonesia menganut Pancasila sebagai dasar negara. Nilai-nilai Pancasila harus tertanam dalam setiap sendi kehidupan bangsa. Amerika Serikat sebagai penganut liberalisme mengimplementasikan nilai-nilai liberalisme dalam semua aspek kehidupannya. Indonesia dan Amerika Serikat jelas mempunyai dasar negara yang berbeda. Akan tetapi, keduanya sampai sekarang masih berpegang teguh pada pilihan masing-masing.

Wanaca di atas menunjukkan bahwa ....
A. kedua negara mempunyai pemerintahan otoriter keran hanya memilih satu bentuk dasar negara.
B. liberal dan Pancasila memiliki persamaan mendasar mengenai pandangan sosial budaya.
C. dasar negara dapat eksis kerena didukung oleh kehidupan sosial budaya masyarakat sekitar.
D. Pancasila merupakan satu-satunya dasar negara yang sukses membawa Indonesia merdeka.

Kunci Jawaban : C
Pembahasan : Dasar negara Pancasila tentu sudah sesuai kehidupan sosial budaya masyarakat Indonesia dan paham liberal sesuai kondisi Amerika Serikat. Hal tersebut dapat dilihat dari lamanya kurun waktu untuk mengimplementasikannya. Akan tetapi, apabila liberalisme masuk ke Indonesia tentu akan berbenturan dengan kehidupan sosial budaya masyarakat Indonesia dan tidak akan bertahan lama. Oleh karena itu, dapat dikatan bahwa paham liberalisme dapat menjadi ancaman terhadap Pancasila.

Contoh Soal Latihan PKN Kelas 9 Semester 1 Lengkap dengan Kunci Jawaban dan Pembahasan

3. Semua peraturan harus sesuai dengan nilai-nilai Pancasila karena ....
A. Pancasila sebagai dasar negara yang paling bagus.
B. Pancasila berkedudukan sebagai dasar negara.
C. masyarakat meyakini keberadaan Pancasila 
D. pemerintah patuh pada Pancasila

Kunci Jawaban : B
Pembahasan : Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. Hal ini mengandung konsekuensi bahwa semua tatanan kehidupan kenegaraan harus sesua dengan dasar negara. Oleh karena itu, tata hukum juga harus disesuaikan dengan konsep yang terdapat dalam Pancasila sebagai dasar negara.

4. Makna nilai Pancasila yang dapat dilaksanakan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara adalah ....
A. membentuk pemerintahan otoriter.
B. melakukan pemilihan presiden secara demokratis.
C. mengarahkan teman supaya mengikuti kehendak kita.
D. membuat peraturan yang mementingkan golongan tertentu.

Kunci Jawaban : B
Pembahasan : Pancasila mempunyai lima nilai salah satunya yaitu nilai kerakyatan. Nilai ini sangat identik dengan demokrasi. Berdasarkan pilihan jawaban, pernyataan yang mengandung nilai Pancasila yaitu pilihan B. Pada pilihan B memperlihatkan nilai kerakyatan dengan melakukan pemilihan presiden secara demokratis.

5. Dinamika nilai-nilai Pancasila setiap masa pemerintahan berbeda-beda. Dinamika yang terjadi pada masa Orde Lama menunjukkan adanya kedekatan pemerintah Indonesia dengan negara-negara berhaluan kiri. Hal tersebut tercermin dari peristiwa ....
A. dibuatnya poros Jakarta-Peking dan Jakarta-Pyong Yang.
B. tidak adanya pemilihan umum masa Orde Lama
C. pembangunan Monumen Nasional
D. munculnya gerakan reformasi

Kunci Jawaban : A
Pembahasan : Pemerintah Orde Lama dianggap gagal membentuk pemerintahan yang sesuai nilai-nilai Pancasila. Pada saat itu pemerintah lebih condong pada arus politik liberal dan komunis. Keduanya tidak sesuai dengan konsep nilai yang terdapat dalam Pancasila. Kegagalan tersebut dapat terlihat dengan adanya kebijakan poros Jakarta-Phom Penh-Hanoi-Peking-Pyong Yang. Kebijakan tersebut menunjukkan adanya afiliasi Indonesia dengan negara-negara kiri (komunis).

0 comments:

Posting Komentar

Materi Lama

    Dukung Kami PKN4ALL Dengan Donasi di https://saweria.co/jokosan | Scan Barcode Di Atas | Kami PKN4ALL Besar Karena Dukungan Anda Semua. Terima Kasih!

    Postingan Populer

     
    Contoh Soal Latihan PKN Kelas 9 Semester 1 Lengkap dengan Kunci Jawaban dan Pembahasan