Dukung Kami PKN4ALL Dengan Donasi di https://saweria.co/jokosan | Scan Barcode Di Samping | Kami PKN4ALL Besar Karena Dukungan Anda Semua. Terima Kasih!

Contoh Soal Essay PKN Kelas 9 Lengkap dengan Kunci Jawaban

pkn4all.blogspot.com_ Kali ini admin akan bagikan contoh soal dan kunci jawaban materi 'Dinamika Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa' PKN kelas 9 (sembilan). Semoga soal-soal yang kami bagikan ini dapat membantu rekan-rekan semua dalam mencari referensi soal-soal ujian PKN terbaru khususnya soal jenis essay. Untuk lebih jelasnya silakan kalian langsung saja lihat contoh soalnya dibawah ini. Selamat belajar, semoga sukses.


Kerjakanlah soal-soal berikut!

1. Jelaskan alasan dasar negara Indonesia dianggap sesuai kondisi masyarakat Indonesia!
Jawaban:
Dasar negara Indonesia diambil dari nilai-nilai dasar yang berkembang dalam kehidupan budaya sosial masyarakat. Oleh karena itu, nilai-nilai yang diadopsi sebagai dasar negara dianggap sesuai kondisi masyarakat Indonesia. Dengan demikian, masyarakat yang tidak merasa keberatan untuk mengimplementasikan nilai-nilai tersebut dalam segala sendi kehidupan.

2. Mengapa warga negara harus mengimplementasikan dasar negara dalam kehidupan sehari-hari?
Jawaban:
Kewajiban warga negara adalah mengimplementasikan nilai-nilai dasar negara dalam segala sendi kehidupan. Hal ini merupakan konsekuensi atas kedudukan Pancasila sebagai dasar negara. Dengan adanya Pancasila sebagai dasar negara Indonesia warga negara semakin jelas dalam menjalankan aktivitas dalam masyarakat. Begitu juga dengan pemerintah patokan dalam menjalankan roda pemerintah yaitu Pancasila sebagai dasar negara.

3. Jelaskan dinamika nilai-nilai Pancasila pada masa Orde Baru!
Jawaban:
Pemerintah Orde Baru berupaya mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila secara murni dalam kehiduoan bangsa dan negara. Akan tetapi, pemerintah Orde Baru dianggap gagal dalam menjalankan tugasnya tersebut. Nilai-nilai Pancasila tidak menjadi landasan dasar negara sehingga politik Indonesia lebih mengarah pada liberalisme. Padahal, Pancasila tidak menganut paham liberalisme. Pancasila menganut paham kekeluargaan yang disesuaikan dengan kondisi  bangsa Indonesia sesuai nilai-nilai ketuhanan dan nilai lain yang terdapat dalam Pancasila.

Contoh Soal Essay PKN Kelas 9 Lengkap dengan Kunci Jawaban
4. Jelaskan kegagalan Orde Lama mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila!
Jawaban:
Orde Lama dianggap gagal mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila karena pemerintah menganut paham yang berbeda dengan Pancasila. Pemerintah Orde Lama pada awal pemerintahan lebih condong pada ideologi liberal. Seiring perkembangan zaman pemerintah Orde Lama mengubah haluan politiknya pada ideologi komunis. Hal ini dibuktikan dengan dibuatnya kebijikan poros Jakarta-Phom Penh-Hanoi-Peking-Pyong Yang. Oleh karena itu, pemerintahan Orde Lama dianggap gagal dalam mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila sebagai haluan politik pada saat itu. 

5. Jelaskan makna sila Pancasila yang bersifat hierarkis!
Jawaban:
Pancasila bersifat hierarkis artinya setiap sila dalam Pancasila mempunyai hubungan. Sila pertama membawahi sila kedua sampai kelima. Hal ini dimaknai bahwa setiap sila Pancasila yang merupakan nilai dasar negara dan pandangan hidup bangsa tidak bisa dipisahkan satu dengan yang lainnya.

0 comments:

Posting Komentar

Materi Lama

    Dukung Kami PKN4ALL Dengan Donasi di https://saweria.co/jokosan | Scan Barcode Di Atas | Kami PKN4ALL Besar Karena Dukungan Anda Semua. Terima Kasih!

    Postingan Populer

     
    Contoh Soal Essay PKN Kelas 9 Lengkap dengan Kunci Jawaban