Dukung Kami PKN4ALL Dengan Donasi di https://saweria.co/jokosan | Scan Barcode Di Samping | Kami PKN4ALL Besar Karena Dukungan Anda Semua. Terima Kasih!

Contoh Soal Latihan PKN Kelas 9 Lengkap dengan Kunci Jawaban dan Pembahasan (Bag. 2)

pkn4all.blogspot.com_ Kali ini admin akan bagikan contoh soal bagian kedua dari contoh soal sebelumnya. Semoga soal-soal yang kami bagikan ini dapat membantu rekan-rekan semua di dalam mencari referensi tentang soal-soal latihan di kelas 9 (sembilan). Kami berharap soal-soal yang kami bagikan ini dapat membantu kalian di dalam mencari referensi soal terbaru untuk mata pelajaran PKN. Selamat belajar, dan semoga apa yang kalian cita-citakan dapat tercapai dengan baik dan dapat membanggakan kedua orang tua.

Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat!

1. Orde Baru dianggap gagal dalam mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila. Kegagalan tersebut dapat terlihat dari adanya peristiwa ....
A. reformasi
B. G 30 S/PKI
C. perdamaian RI-GAM
D. pembacaan Dekret Presiden 5 Juli 1959

Kunci Jawaban : A
Pembahasan : Peristiwa reformasi yang terjadi pada tahun 1998 merupakan akhir rezim Orde Baru. Rezim ini dianggap gagal mengimplementasikan nilai Pancasila secara murni dan konsekuen. Ada enam tuntutan reformasi yaitu penegakan supremasi hukum, pemberantasan KKN, mengadili mantan Presiden Soeharto dan kroninya, amandemen konstitusi, pencabutan dwi fungsi ABRI, dan pemberian otonomi daerah seluas-luasnya.

2. Pemerintah reformasi berupaya mengembalikan kemurnian nilai-nilai Pancasila. Upaya tersebut terlihat dari berbagai peristiwa, kecuali ....
A. terjadinya perdamaian antara kebijakan secara RI-GAM
B. tidak adanya sentralisasi kebijakan secara vertikal
C. dilaksanakan pemilihan umum sesuai asas pemilihan umum
D. membujuk Timor Leste kembali menjadi bagian negara Indonesia

Kunci Jawaban : D
Pembahasan : Reformasi merupakan tonggak awal pembentukan negara Indonesia yang demokratis sesuai nilai-nilai Pancasila. Reformasi menginginkan menjalankan Pancasila sebagaimana mestinya. Hal ini dapat terlihat dari upaya pemerintah menjaga persatuan dan kesatuan supaya wilayah Indonesia tetap utuh dengan melakukan perdamaian antara RI-GAM. Selain itu, pemerintah mencoba merealisasikan amanat reformasi dengan melakukan pemilihan umum sesuai asas pemilu dan memberikan otonomi daerah dengan menghapuskan sentralisasi kebijakan secara vertikal. Timor Leste keluar dari Indonesia karena hasil jajak pendapat yang dilakukan penduduk Timor Timur pada saat itu.

Wacana berikut untuk soal nomor 3-4!
Pancasila merupakan dasar negara Indonesia. Setiap warga negara mempunyai kewajiban menjaga dan mengimplementasikan nilai-nilai yang terdapat dalam Pancasila. Hal ini sangat penting sebagai upaya mencegah adanya ancaman terhadap Pancasila. Apabila masyarakat sangat minim pengetahuan dan kepeduliannya terhadap Pancasila bisa dikatakan bahwa Pancasila sedang terancam kedudukannya sebagai dasar negara. Kondisi ini bisa dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk mengubah Pancasila. Apabila Pancasila diubah atau dihapuskan, sama dengan menghapus negara Indonesia yang berlandaskan nilai-nilai Pancasila.

3. Wacana di atas terfokus pada ....
A. nilai-nilai Pancasila
B. Indonesia terancam bubar
C. kondisi masyarakat bubar
D. ancaman terhadap dasar negara

Kunci Jawaban : D
Pembahasan : Wacana di atas lebih fokus pada ancaman terhadap dasar negara Pancasila. Sekalipun sebagai dasar negara, bukan berarti kedudukan Pancasila tidak terancam. Hal tersebut perlu diatasi. Wacana tersebut diharapkan dapat menyadarkan warga negara Indonesia terhadap kewajibannya mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila supaya kedudukan Pancasila sebagai dasar negara tidak terusik.
Contoh Soal Latihan PKN Kelas 9 Lengkap dengan Kunci Jawaban dan Pembahasan (Bag. 2)

4. Dalam wacana terdapat kalimat "Kondisi ini bisa dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk mengubah Pancasila". 
Kalimat tersebut menunjukkan bahwa ....
A. Pancasila sebagai dasar negara bisa diubah oleh orang atau golongan tertentu yang tidak menghendaki negara Indonesia menganut dasar negara Pancasila.
B. warga negara Indonesia tidak menghendaki Pancasila sebagai dasar negara karena tidak sesuai dengan nilai-nilai sosial budaya masyarakat setempat.
C. kedudukan Pancasila sebagai dasar negara akan tetap kuat apabila didukung oleh pemerintah dan warga negara.
D. pemerintah akan mengubah dasar negara Pancasila dengan nilai-nilai yang disepakati masyarakat.

Kunci Jawaban : A
Pembahasan : Kalimat pada soal menunjukkan bahwa setiap saat kedudukan Pancasila sebagai dasar negara bisa mendapatkan ancaman. Bentuk ancaman terhadap Pancasila bermacam-macam antara lain masuknya ideologi lain yang bertentangan dengan Pancasila dan adanya kaum radikalis yang berupaya memecah belah persatuan dan kesatuan. Padahal selama ini, Pancasila sudah dianut sebagai dasar negara sejak kemerdekaan Negara Republik Indonesia. Oleh karena itu, generasi penerus bangsa hendaknya menjaga dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila supaya ancaman terhadap Pancasila tidak terjadi.

5. Upaya memperkuat keyakinan terhadap dasar negara dapat dilakukan melalui tindakan ....
A. mempelajari dasar negara-negara lain
B. memberi penilaian terhadap dasar negara-negara lain
C. mengimplementasikan semua ajaran dasar negara yang ada di dunia
D. mempelajari dasar negara melalui mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan

Kunci Jawaban : D
Pembahasan : Ancaman terhadap dasar negara merupakan ancaman serius karena mengancam kedaulatan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Oleh karena itu, perlu upaya serius dari warga negara untuk tetap mengukuhkan Pancasila sebagai dasar negara. salah satu caranya melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Melalui Pendidikan Kewarganegaraan akan ditanamkan sikap nasionalisme atau cinta tanah air dalam bentuk tindakan mengamalkan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.

0 comments:

Posting Komentar

Materi Lama

    Dukung Kami PKN4ALL Dengan Donasi di https://saweria.co/jokosan | Scan Barcode Di Atas | Kami PKN4ALL Besar Karena Dukungan Anda Semua. Terima Kasih!

    Postingan Populer

     
    Contoh Soal Latihan PKN Kelas 9 Lengkap dengan Kunci Jawaban dan Pembahasan (Bag. 2)