Dukung Kami PKN4ALL Dengan Donasi di https://saweria.co/jokosan | Scan Barcode Di Samping | Kami PKN4ALL Besar Karena Dukungan Anda Semua. Terima Kasih!

TIP MEMANFAATKAN LIBURAN SEKOLAH

 

Liburan telah tiba....!!!Begitulah ungkapan kegembiraan yang biasanya terungkap dari anak-anak. Liburan disambut dengan suka cita oleh anak-anak, dimaklumi karena kurun waktu 1 semester penat karena proses belajar mengajar di sekolahnya. Namun sebaiknya suka cita itu tidak membuat anak-anak terlena. Waktu luang, bagaimanapun harus dimanfaatkan secara positif dan bermanfaat, agar membawa kesan pada hati anak-anak. Sehingga diakhir liburan kesan itu akan membawa kegembiraan seiring menyambut tahun pelajaran baru.
Agar liburan bermanfaat, berikut ini beberapa tips yang harus kalian cermati baik-baik:

1. Bermain Outbound.
Kegiatan ini menjadi trend akhir-akhir ini, nuansa bermain melekat pada kegiatan outbound. Situasi kegembiraan yang menantang akan membuat otak kita berpacu dengan kegiatan yang menggembirakan, sekaligus secara psikomotorik otot-otot kita mendapatkan peregangan yang baik. Agar imbang antara situasi gembira dengan kegiatan psikis dan fisik, maka pilihlah permainan yang tidak hanya memforsir tenaga fisik saja, maka pilihlah permainan yang memiliki unsur taktis. Misalnya menyeberangi sungai dengan jembatan tali, bermain kotak umpet, bermain perang-perangan (kegiatan ini trend di kota-kota besar).
Dan bila bermain di lokasi game zone, maka jangan terpaku pada kehebatan teknologi saja, misalnya naik trail statis di arena game zone, kegiatan seperti ini kurang memacu andrenalin. Kegembiraan yang didapat tidak real alias semu. Sebaiknya dihindari.
Bersepeda dengan teman-teman dengan menciptakan sirkuit di tanah tegal adalah yang paling bagus. Selain akrab dengan nuansa alam yang nyata, juga udara bebas yang terhirup membawa manfaat pada sel-sel otak untuk berkembang baik.
2. Darmawisata
Darma wisata merupakan kegiatan liburan yang memiliki konsep dan perencanaan matang. Sesuai dengan namanya, Darma dan Wisata. Darma artinya mengabdikan diri pada nuansa sosial-kemasyarakatan, sedangkan wisata artinya melancong untuk menikmati keindahan suatu obyek.
Jelaslah bahwa darmawisata selalu dikonsep dan direncanakan oleh pihak sekolah/lembaga. Menentukan obyek darmawisata sangat penting, agar rencana bermanfaat tidak hanya untuk kegembiraan saja, tetapi juga darma dari anak-anak tersalurkan. Atau sebaliknya.
Contoh kegiatan darmawisata misalnya: Mengunjungi desa di lereng gunung. Kegiatan ini bermanfaat selain bisa menikmati pemandangan gunung nan indah, juga bisa mengabdikan diri pada masyarakat yang rata-rata masih rendah dari sisi sosial dan kesehatan. Pada lokasi berjenis ini, kita bisa memberikan penyuluhan cara memanfaatkan jamban, pembuatan kompos dan periksa tekanan darah misalnya. Hindari darmawisata pada daerah niaga, karena hanya membawa pengaruh hidup konsumtif.
3. Pergi ke Pantai, Naik Gunung dan Berkemah di Pinggir Hutan.
Kegiatan berjenis ini harus memilih situasi dan kondisi alam yang bersahabat. Karena lokasi ini bersinggungan dengan alam yang kadang menimbulkan keadaan yang tidak bersahabat. Tipsnya adalah: 
Pantai, pantai jangan memilih yang curam dan bertebing. terlalu berbahaya karena hempasan ombak dan kedalaman. Pilihlah pantai yang landai dan berpasir. Selain angin bergerak bebas, juga keluasan wilayah akan bermanfaat untuk menyelamatkan diri jika sewaktu-waktu ada bahaya.
Naik Gunung, sebaiknya jangan pergi ke gunung jika cuaca tidak cerah. Bahaya kabut dan hujan akan menimbulkan malapetaka jika kita tidak profesional menghadapi. Sebaiknya jangan terbawa sikap sok berani, akan merugikan diri sendiri.
Pinggir Hutan, cocok untuk berkemah. Tapi diwaspadai, pilihlah hutan yang sudah akrab dengan kehidupan manusia. Hutan seperti ini biasanya jauh dari binatang buas. Sebaiknya bersiap-siap dengan peralatan memadai, misalnya pisau, tali dan obat-obatan. Hindari api dan sejenisnya. Karena bahaya kebakaran hutan akan merugikan banyak manusia.
Itulah beberapa tips bermanfaat jika anak-anak ingin liburan bermanfaat. Sikap terlena akan merugikan diri kita sendiri, ingat waktu adalah uang. Karena waktu demikian berharga. Manfaatkanlah waktu luang dengan kegiatan yang bermanfaat bagi kita.
Selamat berlibur...!!!

0 comments:

Posting Komentar

Materi Lama

    Dukung Kami PKN4ALL Dengan Donasi di https://saweria.co/jokosan | Scan Barcode Di Atas | Kami PKN4ALL Besar Karena Dukungan Anda Semua. Terima Kasih!

    Postingan Populer

     
    TIP MEMANFAATKAN LIBURAN SEKOLAH