Dukung Kami PKN4ALL Dengan Donasi di https://saweria.co/jokosan | Scan Barcode Di Samping | Kami PKN4ALL Besar Karena Dukungan Anda Semua. Terima Kasih!

MODEL PEMBELAJARAN PENDEKATAN SOSIAL

Model pendekatan sosial merupakan model yang lebif tefokus pada hubungan individu (siswa) dengan individu lain (bukan guru ataupun teman sekelasnya). Dalam pendekatan ini siswa terlibat dalam alam demokratis dan bekerja secara produktif di dalam masyarakat. Dari beberapa model pendekatan yang ada, akan dibahas model pembelajaran bermain peran, model pembelajaran simulasi sosial, dan model diskusi kelompok
a. Model bermain Peran
Dalam model bermain peran, siswa dapat berperan sebagai dan berperilaku seperti orang lain sesuai dengan skenario yang telah disusun gurunya. Dalam hal ini diharapkan siswa memperoleh inspirasi dan pengalaman baru yang dapat mempengaruhi sikap siswa. Guru mengatur sedemikian sehingga cerita yang disusun cukup bagus dan dapat menarik perhatian siswa, sehingga semata-mata semua siswa dapat masuk di dalamnya, ikut merasakan dan ikut mengalaminya. Dengan demikian siswa diharapkan dapat menyesuaikan diri dalam situasi seperti pada cerita tersebut, serta dapat mengembangkannya. Contoh pada pendekatan induktif di atas tadi dapat dilaksanakan dengan model bermain peran.
b. Model simulasi sosial
Model pembelajaran ini beranggapan bahwa siswa merupakan bagian suatu system yang dapat mengendalikan umpan balik sendiri yang mempunyai tiga fungsi, yaitu (1) menghasilkan gerakan/tindakan yang diinginkan, (2) membandingkan kesesuaian tindakan dengan rerencana yang telah ditetapkan (mendeteksi kesalahan), dan memanfaatkan kesalahan untuk mengarahkan kepada jalur yang semestinya. 
Contoh ini sudah banyak diterapkan pada simulasi Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila, hanya karena faktor politis, model ini tenggelam seiring arus reformasi politik di Negeri Kita. Seharusnya kita tidak terpengaruh kondisi ini. Inovasi pembelajaran boleh jadi menemukan banyak variasi pembelajaran, namun efektifitas suatu model pembelajaran tetap mengacu pada karakteristik materi dan peserta didik.

0 comments:

Posting Komentar

Materi Lama

    Dukung Kami PKN4ALL Dengan Donasi di https://saweria.co/jokosan | Scan Barcode Di Atas | Kami PKN4ALL Besar Karena Dukungan Anda Semua. Terima Kasih!

    Postingan Populer

     
    MODEL PEMBELAJARAN PENDEKATAN SOSIAL