Dukung Kami PKN4ALL Dengan Donasi di https://saweria.co/jokosan | Scan Barcode Di Samping | Kami PKN4ALL Besar Karena Dukungan Anda Semua. Terima Kasih!

Konsep Peningkatan Potensi Sosial dan Bahasa

Para ahli pendidikan menegaskan, ada dua cara untuk menanamkan nilai-nilai sosial dalam pendidikan. Pertama, melalui proses belajar sosial (proces of learning) atau sosialisasi dan kedua melalui proses perlekatan social (kesetiakawanan social). Belajar social berarti belajar memahami dan mengerti tentang perilaku dan tindakan masyarakat. Melalui proses pembentukan kesetiaan sosial (formation of social loyalities), perkembangan kesetiaan sosial ini muncul berkat kesadaran peserta didik terhadap kehidupan ditengah-tengah masyarakat. 

Bahasa merupakan alat komunikasi yang digunakan oleh seseorang dalam pergaulannya atau hubungan dengan orang lain. Bahasa merupakan alat bergaul dan bersosialisasi. Oleh karena itu, penggunaan bahasa menjadi efektif sejak seorang individu memerlukan berkomunikasi dengan orang lain.

Bahasa dalam perwujudannya merupakan struktur, mencakup strukur bentuk dan makna. Dengan bahasa, segala ilmu pengetahuan yang diciptakan atau ditemukan manusia dapat disebarluaskan kepada orang lain, ke daerah lain untuk kepentingan kesejahteraan manusia secara umum. Cara yang dilakukan untuk meningkatkan potensi bahasa seseorang adalah dengan pengembangan kemampuan bercerita, menyimak, membaca, dan menulis.Bercerita adalah suatu kegiatan yang dilakukan seseorang untuk menyampaikan suatu pesan, informasi atau sebuah dongeng belaka, yang bisa dilakukan secara lisan atau tertulis.Membaca merupakan salah satu aktifitas yang penuh manfaat dalam kehidupan kita.Membaca dapat memberikan kita informasi tentang segala macam fenomena kehidupan.

0 comments:

Posting Komentar

Materi Lama

    Dukung Kami PKN4ALL Dengan Donasi di https://saweria.co/jokosan | Scan Barcode Di Atas | Kami PKN4ALL Besar Karena Dukungan Anda Semua. Terima Kasih!

    Postingan Populer

     
    Konsep Peningkatan Potensi Sosial dan Bahasa