No. | KOMPETENSI INTI GURU | KOMPETENSI GURU MATA PELAJARAN |
Kompetensi Pedagogik | ||
1. | Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual. | 1.1 Memahami karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosialemosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosialbudaya. |
1.2 Mengidentifikasi potensi peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu. | ||
1.3 Mengidentifikasi bekalajar awal peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu. | ||
1.4 Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu. | ||
2. | Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik. | 2.1 Memahami berbagai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik terkait dengan mata pelajaran yang diampu. |
2.2. Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu. | ||
3. | Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu. | 3.1 Memahami prinsip-prinsip pengembangan kurikulum. |
3.2 Menentukan tujuan pembelajaran yang diampu. | ||
3.3 Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diampu. | ||
3.4 Memilih materi pembelajaran yang diampu yang terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran. | ||
3.5 Menata materi pembelajaran secara benar sesuai dengan pendekatan yang dipilih dan karakteristik peserta didik. | ||
3.6 Mengembangkan indikator dan instrumen penilaian. | ||
4. | Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik. | 4.1 Memahami prinsip-prinsip perancangan pembelajaran yang mendidik. |
4.2 Mengembangkan komponenkomponen rancangan pembelajaran. | ||
4.3 Menyusun rancangan pembelajaran yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan. | ||
4.4 Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan di lapangan dengan memperhatikan standar keamanan yang dipersyaratkan. | ||
4.5 Menggunakan media pembelajaran dan sumber belajar yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh. | ||
4.6 Mengambil keputusan transaksional dalam pembelajaran yang diampu sesuai dengan situasi yang berkembang. | ||
5. | Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran. | 5.1 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran yang diampu. |
6. | Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki. | 6.1 Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi secara optimal |
6.2 Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mengaktualisasikan potensi peserta didik, termasuk kreativitasnya. | ||
7. | Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik. | 7.1 Memahami berbagai strategi berkomunikasi yang efektif, empatik, dan santun, secara lisan, tulisan, dan/atau bentuk lain. |
7.2 Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik dengan bahasa yang khas dalam interaksi kegiatan/permainan yang mendidik yang terbangun secara siklikal dari (a) penyiapan kondisi psikologis peserta didik untuk ambil bagian dalam permainan melalui bujukan dan contoh, (b) ajakan kepada peserta didik untuk ambil bagian, (c) respons peserta didik terhadap ajakan guru, dan (d) reaksi guru terhadap respons peserta didik, dan seterusnya. | ||
8. | Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. | 8.1 Memahami prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu. |
8.2 Menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu. | ||
8.3 Menentukan prosedur penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. | ||
8.4 Mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. | ||
8.5 Mengadministrasikan penilaian proses dan hasil belajar secara berkesinambungan dengan menggunakan berbagai instrumen. | ||
8.6 Menganalisis hasil penilaian proses dan hasilbelajar untuk berbagai tujuan. | ||
8.7 Melakukan evaluasi proses dan hasil belajar. | ||
9. | Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran. | 9.1 Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar. |
9.2 Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan. | ||
9.3 Mengkomunikasikan hasil penilaian dan evaluasi kepada pemangku kepentingan. | ||
9.4 Memanfaatkan informasi hasil penilaian dan evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. | ||
10. | Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran. | 10.1 Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan. |
10.2 Memanfaatkan hasil refleksi untuk perbaikan dan pengembangan pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu. | ||
10.3 Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu. | ||
Kompetensi Kepribadian | ||
11. | Bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial, dan kebudayaan nasional Indonesia. | 11.1 Menghargai peserta didik tanpa membedakan keyakinan yang dianut, suku, adat istiadat, daerah asal, dan gender. |
11.2 Bersikap sesuai dengan norma agama yang dianut, hukum dan sosial yang berlaku dalam masyarakat, dan kebudayaan nasional Indonesia yang beragam. | ||
12. | Menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia, dan teladan bagi peserta didik dan masyarakat. | 12.1 Berperilaku jujur, tegas, dan manusiawi. |
12.2 Berperilaku yang mencerminkan ketakwaan dan akhlak mulia. | ||
12.3 Berperilaku yang dapat diteladani oleh peserta didik dan anggota masyarakat di sekitarnya. | ||
13. | Menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa | 13.1 Menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap dan stabil. |
13.2 Menampilkan diri sebagai pribadi yang dewasa, arif, dan berwibawa. | ||
14. | Menunjukkan etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru, dan rasa percaya diri. | 14.1 Menunjukkan etos kerja dan tanggung jawab yang tinggi. |
14.2 Bangga menjadi guru dan percaya pada diri sendiri. | ||
14.3 Bekerja mandiri secara profesional. | ||
15. | Menjunjung tinggi kode etik profesi guru. | 15.1 Memahami kode etik profesi guru. |
15.2 Menerapkan kode etik profesi guru. | ||
15.3 Berperilaku sesuai dengan kode etik profesi guru. | ||
Kompetensi Sosial | ||
16. | Bersikap inklusif, bertindak objektif, serta tidak diskriminatif karena pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga, dan status sosial ekonomi. | 16.1 Bersikap inklusif dan objektif terhadap peserta didik, teman sejawat dan lingkungan sekitar dalam melaksanakan pembelajaran |
16.2 Tidak bersikap diskriminatif terhadap peserta didik, teman sejawat, orang tua peserta didik dan lingkungan sekolah karena perbedaan agama, suku, jenis kelamin, latar belakang keluarga, dan status sosialekonomi. | ||
17. | Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat. | 17.1 Berkomunikasi dengan teman sejawat dan Komunitas ilmiah lainnya secara santun, empatik dan efektif. |
17.2 Berkomunikasi dengan orang tua peserta didik dan masyarakat secara santun, empatik, dan efektif tentang program pembelajaran dan kemajuan peserta didik. | ||
17.3 Mengikutsertakan orang tua peserta didik dan masyarakat dalam program pembelajaran dan dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik. | ||
18. | Beradaptasi di tempat bertugas di seluruh wilayah Republik Indonesia yang memiliki keragaman sosial budaya. | 18.1 Beradaptasi dengan lingkungan tempat bekerja dalam rangka meningkatkan efektivitas sebagai pendidik. |
18.2 Melaksanakan berbagai program dalam lingkungan kerja untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas pendidikan di daerah yang bersangkutan. | ||
19. | Berkomunikasi dengan komunitas profesi sendiri dan profesi lain secara lisan dan tulisan atau bentuk lain. | 19.1 Berkomunikasi dengan teman sejawat, profesi ilmiah, dan komunitas ilmiah lainnya melalui berbagai media dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran. |
19.2 Mengkomunikasikan hasil hasil Inovasi pembelajaran kepada komunitas profesi sendiri secara lisan dan tulisan maupun bentuk lain. | ||
Kompetensi Profesional | ||
20. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | |
Pendidikan Agama: | 1. Menginterpretasikan materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu-ilmu yang relevan dengan pembelajaran Pendidikan Agama (Islam/Kristen/Katolik/Hindu/ Budha/Konghuchu). | |
2. Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu-ilmu yang relevan dengan pembelajaran Pendidikan Agama (Islam/Kristen/Katolik/Hindu/Budha/Konghuchu). | ||
PKn | 1. Memahami materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. | |
2. Memahami substansi Pendidikan Kewarganegaraan yang meliputi pengetahuan 3. kewarganegaraan (civic knowledge), nilai dan sikap kewarganegaraan (civic disposition), dan keterampilan kewarganegaraan (civic skills). | ||
4. Menunjukkan manfaat mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan. | ||
Seni Budaya | 1. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang 2. bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan. | |
3. Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu-ilmu yang relevan dengan pembelajaran Seni Budaya. | ||
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan | 1. Menjelaskan dimensi filosofis pendidikan jasmani termasuk etika sebagai aturan dan profesi. | |
2. Menjelaskan perspektif sejarah pendidikan jasmani. | ||
3. Menjelaskan dimensi anatomi manusia, secara struktur dan fungsinya. | ||
4. Menjelaskan aspek kinesiologi dan kinerja fisik manusia. | ||
5. Menjelaskan aspek fisiologis manusia dan efek dari kinerja latihan. | ||
6. Menjelaskan aspek psikologi pada kinerja manusia, termasuk motivasi dan tujuan kecemasan dan stress, serta persepsi diri. | ||
7. Menjelaskan aspek sosiologi dalam kinerja diri, termasuk dinamika sosial; etika dan perilaku moral, budaya, suku, dan perbedaan jenis kelamin. | ||
8. Menjelaskan teori perkembangan gerak, termasuk aspek-aspek yang mempengaruhinya. | ||
9. Menjelaskan teori belajar gerak, termasuk keterampilan dasar dan kompleks dan hubungan timbal balik di antara domain kognitif, afektif dan psikomotorik. | ||
Matematika | 1. Menggunakan bilangan, hubungan di antara bilangan, berbagai sistem bilangan dan teori bilangan. | |
2. Menggunakan pengukuran dan penaksiran. | ||
3. Menggunakan logika matematika. | ||
4. Menggunakan konsep-konsep geometri. | ||
5. Menggunakan konsepkonsep statistika dan peluang. | ||
6. Menggunakan pola dan fungsi. | ||
7. Menggunakan konsep-konsep aljabar. | ||
8. Menggunakan konsep-konsep kalkulus dan geometri analitik. | ||
9. Menggunakan konsep dan proses matematika diskrit. | ||
10. Menggunakan trigonometri. | ||
11. Menggunakan vektor dan matriks. | ||
12. Menjelaskan sejarah dan filsafat matematika. | ||
13. Mampu menggunakan alat peraga, alat ukur, alat hitung, piranti lunak komputer, model matematika, dan model statistika. | ||
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) | 1. Mengoperasikan komputer personal dan periferalnya. | |
2. Merakit, menginstalasi, mensetup,memelihara dan melacak serta memecahkan masalah (troubleshooting) pada komputer personal. | ||
3. Melakukan pemrograman komputer dengan salah satu bahasa pemrograman berorientasi objek. | ||
4. Mengolah kata (word processing) dengan komputer personal. | ||
5. Mengolah lembar kerja (spreadsheet) dan grafik dengan komputer personal. | ||
6. Mengelola pangkalan data (data base) dengan komputer personal atau computer server. | ||
7. Membuat presentasi interaktif yang memenuhi kaidah komunikasi visual dan interpersonal. | ||
8. Membuat media grafis dengan menggunakan perangkat lunak publikasi. | ||
9. Membuat dan memelihara jaringan komputer (kabel dan nirkabel). | ||
10. Membuat dan memelihara situs laman (web). | ||
11. Menggunakan sarana telekomunikasi (telephone, mobilephone, faximile). | ||
12. Membuat dan menggunakan media komunikasi, termasuk pemrosesan gambar, audio dan video. | ||
13. Menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam disiplin atau materi pembelajaran lain dan sebagai media komunikasi. | ||
14. Mendesain dan mengelola lingkungan pembelajaran/sumber daya dengan memperhatikan standar kesehatan dan keselamatan. | ||
15. Mengoperasikan perangkat keras dan perangkat lunak pendukung pembelajaran | ||
16. Memahami EULA (End User Licence Agreement) dan keterbatasan serta keluasan penggunaan perangkat lunak secara legal. | ||
IPA | 1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori IPA serta penerapannya secara fleksibel. | |
2. Memahami proses berpikir IPA dalam mempelajari proses dan gejala alam | ||
3. Menggunakan bahasa simbolik dalam mendeskripsikan proses dan gejala alam. | ||
4. Memahami hubungan antar berbagai cabang IPA, dan hubungan IPA dengan matematika dan teknologi. | ||
5. Bernalar secara kualitatif maupun kuantitatif tentang proses dan hukum alam sederhana. | ||
6. Menerapkan konsep, hukum, dan teori IPA untuk menjelaskan berbagai fenomena alam. | ||
7. Menjelaskan penerapan hukum-hukum IPA dalam teknologi terutama yang dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. | ||
8. Memahami lingkup dan kedalaman IPA sekolah. | ||
9. Kreatif dan inovatif dalam penerapan dan pengembangan IPA. | ||
10. Menguasai prinsip-prinsip dan teori-teori pengelolaan dan keselamatan kerja/belajar di laboratorium IPA sekolah. | ||
11. Menggunakan alat-alat ukur, alat peraga, alat hitung, dan piranti lunak komputer untuk meningkatkan pembelajaran IPA di kelas, laboratorium, dan lapangan. | ||
12. Merancang eksperimen IPA untuk keperluan pembelajaran atau penelitian | ||
13. Melaksanakan eksperimen IPA dengan cara yang benar. | ||
14. Memahami sejarah perkembangan IPA dan pikiran-pikiran yang mendasari perkembangan tersebut. | ||
IPS | 1. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir mata pelajaran IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global. | |
2. Membedakan struktur keilmuan IPS dengan Ilmu-ilmu Sosial. | ||
3. Menguasai konsep dan pola pikir keilmuan dalam bidang IPS. | ||
4. Menunjukkan manfaat mata pelajaran IPS. | ||
Bahasa Indonesia | 1. Memahami konsep, teori, dan materi berbagai aliran linguistik yang terkait dengan pengembangan materi pembelajaran bahasa. | |
2. Memahami hakekat bahasa dan pemerolehan bahasa. | ||
3. Memahami kedudukan, fungsi, dan ragam bahasa Indonesia. | ||
4. Menguasai kaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. | ||
5. Memahami teori dan genre sastra Indonesia. | ||
6. Mengapresiasi karya sastra secara reseptif dan produktif. | ||
Bahasa Inggris | 1. Memiliki pengetahuan tentang berbagai aspek kebahasaan dalam bahasa Inggris (linguistik, wacana, sosiolinguistik, dan strategis). | |
2. Menguasai bahasa Inggris lisan dan tulis, reseptif dan produktif dalam segala aspek komunikatifnya (linguistik, wacana, sosiolinguistik, dan strategis). | ||
21. | Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | |
22. | Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif. | |
23. | Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif. | 23.1 Melakukan refleksi terhadap kinerja sendiri secara terus menerus. |
23.2 Memanfaatkan hasil refleksi dalam rangka peningkatan keprofesionalan. | ||
23.3 Melakukan penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan. | ||
23.4 Mengikuti kemajuan zaman dengan belajar dari berbagai sumber. | ||
24 | Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan diri. | 24.1 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam berkomunikasi. |
24.2 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan diri |
KOMPETENSI GURU MATA PELAJARAN SD/MI DAN SMP/MTs
Materi Lama
Postingan Populer
-
Berikut materi soal dan jawabannya. 1. Pengertian negera sebagai organisasi kekuasaan dipelopori oleh…. a. Aristoteles b. Logeman c. J.J. ...
-
Silahkan membaca ataupun mengunduh buku Pegangan Guru PPKn sesuai Kurikulum 2013 untuk Kelas XI dalam versi e-book pdf. Buku ini untuk beka...
-
pkn4all.blogspot.com _ Sebuah bangsa akan tumbuh menjadi bangsa yang besar dan terhormat apabila memiliki nilai–nilai, semangat, dan komitme...
-
Berupaya menciptakan pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan bagi peserta didik, admin K-Warganegaraan membuat soal berbentuk Teka-Tek...
-
pkn4all.blogspot.com _ Kinerja Dewan Konstituante yang berlarut-larut membawa Indonesia ke dalam persoalan politik yang sangat pelik. Negara...
-
Pada saat ini demokrasi tumbuh dan berkembang sangat pesat di berbagai belahan dunia. Para ahli ketatanegaraan dan tokoh-tokoh politik m...
-
Tujuan politik luar negeri Indonesia - Tujuan politik luar negeri setiap negara adalah mengabdi kepada tujuan nasional negara itu sendiri. T...
-
1. Pembentukan BPUPKI Amati Gambar di bawah ini, suasana sidang BPUPKI tersebut dengan teliti, kemudian buatlah pertanyaan dari hasil penga...
-
Pengertian Sengketa dan Mahkamah Internasional Sengketa internasional adalah suatu perselisihan antara subjek-subjek hukum internasional me...
-
A. HAKEKAT PEMBELAJARAN PKn Pendidikan Kewarganegaraan ( Citizenship ) merupakan mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan...
0 comments:
Posting Komentar