Dukung Kami PKN4ALL Dengan Donasi di https://saweria.co/jokosan | Scan Barcode Di Samping | Kami PKN4ALL Besar Karena Dukungan Anda Semua. Terima Kasih!

Peningkatan Potensi Moral dan Emosional

Dalam mengembangkan potensi moral pada anak sebaiknya orang tua memberikan pembelajaran tentang moral sejak masih kecil agar anak tersebut tumbuh dengan moral yang baik.Prinsip dalam pengembangan moral adalah menumbuhkan kesadaran dan penalaran moral peserta didik.Sebab betapapun bermanfaatnya suatu perilaku moral terhadap nilai kemanusiaan, namun jika perilaku tersebut tidak disertai dan didasarkan pada penalaran moral, maka perilaku tersebut belum dapat dikatakan sebagai perilaku moral yang mengandung nilai moral.Dengan demikian, suatu perilaku moral dianggap memiliki nilai moral jika perilaku tersebut dilakukan secara sadar atas kemauan sendiri dan bersumber dari pemikiran atau penalaran moral yang bersifat otonom (Kohlberg, 1971).Penumbuhan kesadaran ini dapat dilaksanakan melalui pendidikan moral dan agama dan dilakukan sejak kecil di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat secara terpadu.

Konsep secara umum untuk memanfaatkan potensi emosional agar berdampak positif terhadap lingkungan melalui dua dimensi yaitu mengendalikan emosi dan disiplin.Mengendalikan emosi berarti seseorang mampu mengenali/memahami serta mengelola emosinya, sedangkan kedisiplinan adalah melakukan hal-hal yang harus dilakukan secara ajeg dan teratur dalam upaya mencapai tujuan atau sasaran kita.Lingkungan memiliki peran yang penting bagi pengembangan emosi anak.Lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat memberikan kontribusi pada penyediaan pengalaman langsung untuk pengembangan emosi peserta didik.Dengan demikian terdapat kepentingan untuk mendesain lingkungan agar memberikan pengalaman yang baik dalam pengembangan emosi peserta didik.

0 comments:

Posting Komentar

Materi Lama

    Dukung Kami PKN4ALL Dengan Donasi di https://saweria.co/jokosan | Scan Barcode Di Atas | Kami PKN4ALL Besar Karena Dukungan Anda Semua. Terima Kasih!

    Postingan Populer

     
    Peningkatan Potensi Moral dan Emosional