Dukung Kami PKN4ALL Dengan Donasi di https://saweria.co/jokosan | Scan Barcode Di Samping | Kami PKN4ALL Besar Karena Dukungan Anda Semua. Terima Kasih!

Sejarah singkat Budi Utomo

Sejarah singkat Budi Utomo - Budi Utomo merupakan organisasi pergerakan nasional yang dipelopori oleh mahasiswa STOVIA (School Tot Opleiding van indische Artsen) atau Sekolah Kedokteran Pribumi.Organisasi yang dibentuk pada 20 Mei 1908 oleh Wahidin Sudiro Husodo,Gunawan Mangunkusumo,dan Soetomo dianggap sebagai awal kebangkitan nasional.Pada mulanya tujuan Budi Utomo tertulis secara samar-samar yaitu "Kemajuan bagi Hindia".Organisasi ini mengadakan kongres pertama di Yogyakarta pada bulan Oktober 1908.Dalam kongres itu diputuskan beberapa hal,yaitu sebagai berikut.

  • Budi Utomo tidak ikut mengadakan kegiatan politik
  • Kegiatan Budi Utomo ditujukan kepada bidang pendidikan dan kebudayaan
  • Ruang gerak terbatas pada daerah Jawa dan Madura
Kongres tersebut juga memutuskan susunan pengurus besar Budi Utomo.Bupati Karang Anyar,R.T Tirtokusumo dipilih sebagai ketuanya.Pusat organisasi ditetapkan di Yogyakarta.Sampai akhir tahun 1909,Budi Utomo telah mempunyai 40 cabang dengan jumlah anggota kurang lebih 10.000 orang.


Pada tahun 1914,saat Perang Dunia I meletus,Budi Utomo yang pamornya sudah menurun,mengusulkan perlunya wajib militer bagi penduduk bumi putera (Indie Weerbaar).Gagasan ini ditolak Belanda,sebagai gantinya parlemen Belanda membentuk Volskraad (Dewan Rakyat),pada bulan Desember 1916.

Itu tadi artikel mengenai Sejarah Singkat Budi Utomo.Semoga bermanfaat ! 

0 comments:

Posting Komentar

Materi Lama

    Dukung Kami PKN4ALL Dengan Donasi di https://saweria.co/jokosan | Scan Barcode Di Atas | Kami PKN4ALL Besar Karena Dukungan Anda Semua. Terima Kasih!

    Postingan Populer

     
    Sejarah singkat Budi Utomo