Dukung Kami PKN4ALL Dengan Donasi di https://saweria.co/jokosan | Scan Barcode Di Samping | Kami PKN4ALL Besar Karena Dukungan Anda Semua. Terima Kasih!

Rangkuman Materi Kelas 9 tentang Globalisasi

Perkembangan pesat diera Zaman yang modern ini mengakibatkan banyaknya perubahan yang sangat pesat baik perkembangan khususnya di Negara Indonesia maupun  di seluruh pelosok negara yang ada didunia. Hal ini lebih menekankan kepada masyarakat khususnya masyarakat Indonesia ataupun kalangan terpelajar harus lebih menambah segala wawasan dan keahlian yang dimiliki sehingga dapat menyesuaikan dengan keadaan pada saat ini.

A. PENGERTIAN GLOBALISAI
     Zaman sekarang ini, orang sering menyebutnnya dengan era Globalisasi atau Zaman Globalisasi. Istilah Globalisasi berkaitan dengan kata "Globe" atau bola dunia dalam bentuk kecil. Sementara menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Globalisasi adalah proses masuknya keruang lingkup dunia. Istilah Globalisasi telah menjadi konsep yang sering digunakan untuk menggambarkan dunia pada masa kini. istilah tren Globalisasi sudah sering didengar di masyarakat Globalisasi artinya mendunia. Dewasa ini dunia berubah dengan sangat cepat dan menyebabkan pengaruh yang sangat kmpleks disegala bidang. Perubahan-perubahan yang sangat cepat inilah yang disebut Globalisasi.

B. CIRI-CIRI GLOBALISASI
      Berikut ni beberapa ciri yang menandakan semakin berkembangnya fenomena globalisasi di Dunia:
  1. Hilir mudiknya kapal-kapal pengangkut barang antarnegara menunjukan keterkaitan anatar manusia di seluruh Dunia.
  2. Perubahan dalam konsep ruang dan waktu.Perkembangan barang-barang seperti telepon genggam, televisi satelit, dan internet menunjukan bahwa komunikasi Global terjadi demikian cepatnya.Sementara itu melalui pergerakan masa semacam turisme memungkinkan kita merasakan banyak hal dari budaya yang berbeda.
  3. Pasar dan produksi dinegara-negara yang berbeda menjadi saling bergantung sebagai akibat dari pertumbuhan perdaganagan Internasional, peningkatan pengaruh perusahaan multinasional, dan dominasi organisasi semacam Eorld Trade Organization (WTO). Dan juga banyaknya pengaruh mengenai beragam budaya yang dapat merubah dari segi tingkah laku atau dalam bidang Fasion
C. TEORI GLOBALISASI
     Cochrane dan pain menegaskan bahwa dalam kaitannya dengan Globalisasi, terdapat tiga posisi teoritis yang dapat dilihat, yaitu:
  1. Para Globalisasi percaya bahwa Globalisasi adalah sebuah kenyataan yang memiliki konsekuensi nyata terhadap bagaimana orang dan lembaga diseluruh dunia berjalan. Mereka percaya bahwa negara-negara dan lokal akan hilang diterpa kebudayaan dan ekonomi Global yang homogen.
  2. Para Globalisasi positif  dan optimis menanggapi dengan baik perkembangan semacam itu dunia yang toleran dan bertanggung jawab.
  3. Para Globalis pesimis berpendapat bahwa Globalisasi adalah sebuah fenomena negatif karena hal tersebut sebenarnya adalah bentuk penjajahan barat (terutama Amerika Serikat) yang memaksa  sejumlah bentuk budaya dan konsumsi yang homogen dan terlihat sebagai sesuatu yang benar dipermukaan. Beberapa dari mereka kemudian membentuk  kelompok untuk menentang Globalisasi  (Anti Globalisasi).
Itulah Beberapa Penjelasan mengenai Cara Belajar Globalisasi  PKn Kelas IX Mohon maaf apabila banyak kekurangan dalam penulisannya. Semoga bermanfaat dan Terima Kasih....
    

0 comments:

Posting Komentar

Materi Lama

    Dukung Kami PKN4ALL Dengan Donasi di https://saweria.co/jokosan | Scan Barcode Di Atas | Kami PKN4ALL Besar Karena Dukungan Anda Semua. Terima Kasih!

    Postingan Populer

     
    Rangkuman Materi Kelas 9 tentang Globalisasi