Dukung Kami PKN4ALL Dengan Donasi di https://saweria.co/jokosan | Scan Barcode Di Samping | Kami PKN4ALL Besar Karena Dukungan Anda Semua. Terima Kasih!

5 Cara Berkomunikas Efektif Pembelajaran PKn

Berbicara di depan Umum merupakan salah satu seni berkomunikasi. Ada Lima cara penting dalam berkomunikasi yang harus kita perhatikan apalagi dikalangan Pelajar terutama Siswa/Siswi SMP. Kelima unsur tersebut adalah:
1. Pengiriman Pesan
2. Pesan yang dikirimkan
3. Bagaimana pesan tersebut dikirimkan (medium)
4. Penerimaan pesan
5. Umpan Balik

     Kelima unsur tersebut harus menjadi pedoman saat kita akan berbicara didepan umum. Kita sebagai pengirim pesan harus mampu menyampaikan pesan dengan baik. Hal itu berarti berarti harus mengetahui dan menguasai aspek bahan pesan, pendengar, hingga bagaimana sikap kita dalam menyampaikan pesan dan menerima umpan balik dari orang lain.
    
     Komunikasi yang baik berarti dapat merengkuh atau meraih semua unsur tersebut. Kita hendaknya berkeyakinan bahwa komunikasi itu pada dasarnya adalah upaya bagaimana kita meraih perhatian,cinta kasih, minat, kepedulian, simpati, tanggapan, maupun respon positif dari orang lain. Berikut 5 Cara Berkomunikasi Efektif Pembelajaran PKn diantaranya:

1. Berkomunikasi Secara Efektif Dikalangan Peserta Didik.
  
  Dalam berkomunikasi secara efektif  khususnya dikalangan dipeserta didik adalah sikap hormat dan sikap menghargai  sesama peserta didik. Hal itu berarti, setiap peserta didik memiliki sikap ( Attitude) menghormati dan menghargai hadirin terutama peserta didik lainnya. Karena sama halnya dengan manusia ingin dihargai dan dianggap penting.

2. Sikap Empati Sesama Peserta Didik 
    Sikap empati adalah kemampuan kita untuk menepatkan diri kita pada situasi atau kondisi yang dianggap lain. Rasa empati akan membuat kita mampu untuk menyampaikan pesan (messege) debgan cara dan siakap yang akan memudahkan penerimaan pesan (receiver) menerimanya. Oleh karena itu dalam berkomunikasi secara efektif kita harus terlebih dahulu memahami latar belakang, golongan, lapisan sosial terhadap peserta didik, dan lingkungan peserta didik. Jadi sebelum kita membangun komunikasi terlebih dahulu harus dimengerti dan memahami dengan empati calon penerimaan pesan kita, sehingga nantinya pesan kita akan dapat tersamapakan tanpa ada halangan pisikologis  atau penolakan dari  peserta didik yang lain.

3. Dapat Didengarkan atau Dimengerti dengan Baik (Audible)
    Audible dalam hal ini berarti pesan yang kita sampaikan dapat diterima oleh penerima pesan. Pedoman ini mengatakan bahwa pesan harus disampaiakn melalui media sehingga dapat diterima dengan baik oleh penerima pesan. Hal ini mengacu pada kemampuan peserta didik untuk menggunakan berbagai media maupun perlengkapan atau alat bantu audio visual yang akan membantu peserta didik tersampaikan dengan baik.

4. Kejelasan dari Pesan yang Kita Samapaikan (Clarity)
    Selaian pesan harus dapat diterima dengan baik. maka hukum keempat yang terkait dengan itu adalah kejelasan dari pesan itu sendiri sehingga tidak menimbulkan multiinterprestasi atau sebagai penafsiran yang berlainan. Clarity juga sangat bergantung pada kualitas suara kita dan bahasa yang kita gunakan. Penggunaan bahasa yang tidak dimengerti oleh pesertadidik, tidak dapat mencapai tujuan.

5. Sikap Rendah Hati
    sikap ini merupakan unsur yang terkait dengan hukum pertama untuk membangun rasa menghargai orang lain, biasanya didasari oleh sikap rendah hati yang kita miliki. Kerndahan hati juga bisa berarti tidak sombong dan menganggap diri penting ketika kita berkomunikasi dihadapan orang banyak. Justru dengan kerendahan hatilah kita dapat menangkap perhatian terhadap respon orang lain.

Itulah 5 Cara berkomunikasi Efektif Pembelajaran PKn, mohon maaf apabila banyak hal yang kurang dalam penulisan artikel ini, semoga bermanfaat dan Terima Kasih.

0 comments:

Posting Komentar

Materi Lama

    Dukung Kami PKN4ALL Dengan Donasi di https://saweria.co/jokosan | Scan Barcode Di Atas | Kami PKN4ALL Besar Karena Dukungan Anda Semua. Terima Kasih!

    Postingan Populer

     
    5 Cara Berkomunikas Efektif Pembelajaran PKn