Dukung Kami PKN4ALL Dengan Donasi di https://saweria.co/jokosan | Scan Barcode Di Samping | Kami PKN4ALL Besar Karena Dukungan Anda Semua. Terima Kasih!

Konsep Dasar Penilaian Kelas Terbaru 2017 Ala Guru PKn

Berikut adalah artikel berupa konsep dasar terutama dalam pengelolaan penilaian peserta didik yang mana hal ini berkaitan dengan ketuntasan peserta didik dalam beljar. Berikut artikelnya;

KONSEP DASAR PENILAIAN KELAS
A. Pengertian Penilaian Kelas 
     Penilaian kelas merupakan suatu kegiatan guru yang berkaiatan dengan pengambilan keputusan tentang pencapaian kompetensi atau hasil belajar peserta didik yang mengikuti proses pembelajaran. Untuk itu, diperlukan data sebagai informasi yang diandalakan sebagai dasar pengambilan keputusan. Data yang diperoleh guru selama pembelajaran berlangsung dijaring dan dikumpulkan melalui prosedur  dan alat penilaian yang sesuai dengan kompetensi atau indikator yang akan dinilai. Dari proses imi, diperoleh potret/profil kemampuan peserta didik dalan mencapai sejumlah standar kompetensi dan kompetensi dasar yang dirumuskan dalam kurikululum 2013 yang sekarang ditetapkan.

       Penilaian kelas merupakan suatu proses yang dilakukan melalui langkah-langkah perencanaan, penyususnan alat penilaian, pengumpulan informasi melalui sejumlah bukti yang menunjukan pencapaian hasil belajar peserta didik, pengolahan, dan penggunaan informasi tentang hasil belajar peserta didik. Penilaian kelas dilaksanakan melalui berbagai teknik/cara, seperti penilaian untuk kerja (Performance), penilaian sikap, penilaian tertulis (paper an pancil (test), penilaian produk, penilaian  melalui kumpulan hasil kerja /karya peserta didik (portofolio), dan penilaian iri.

B. Manfaat Penilaian Kelas
     Manfaat penilaian kelas adalah untuk mengetahui tingkat pencapaian kompetensi selama dan setelah proses pembelajaran berlangsung, memberikan umpan balik bagi peserta didik agar mengetahui kekuatan dan kelemahan dalam proses pembelajaran.

C. Fungsi Penilaian Kelas
     Penilaian Kelas memiliki fungsi sebagai berikut:
  1. Menggambarkan sejauhmana seorang peserta didik telah menguasai suatu kompetensi.
  2. Mengevaluasi hasil belajar peserta didik dalam rangka membantu peserta didik memahami dirinya, membuat keputusan tentang langkah berikutnya, baik untuk pemilihan program, pengembangan kepribadian maupun untuk penjurusan (sebagai bimbingan).
  3. Menemukan kesulitan belajar dan kemungkinan prestasi yang bisa dikembangkan peserta didik dan sebagai alat diagnosis yang membantu guru menentukan apakah seseorang perlu mengikuti remedial dan pengayaan.
  4. menemukan kelemahan dan kekurangan proses pembelajaran yang sedang berlangsung guna perbaikan proses pembelajaran berikutnya.
  D. Prinsif-prinsif Penilaian Kelas
  1. Menyeluruh artinyamencakup seluruh domain yang tertuang pada setiap kompetensi dasar. Penilaian harus menggunakan beragam cara dan alat sesuai dengan kompetensi yang akan dinilai.
  2. Berkesinambungan penilaian dilakukan secara terencana, bertahap, dan terus menerus untuk memperoleh gambaran pencapaian kompetensi peserta didik dalam kurun waktu tertentu.
  3. Objektif penilaian harus dilakukan secara adil harus terencana dalam menerangkan kriteria

0 comments:

Posting Komentar

Materi Lama

    Dukung Kami PKN4ALL Dengan Donasi di https://saweria.co/jokosan | Scan Barcode Di Atas | Kami PKN4ALL Besar Karena Dukungan Anda Semua. Terima Kasih!

    Postingan Populer

     
    Konsep Dasar Penilaian Kelas Terbaru 2017 Ala Guru PKn