Dukung Kami PKN4ALL Dengan Donasi di https://saweria.co/jokosan | Scan Barcode Di Samping | Kami PKN4ALL Besar Karena Dukungan Anda Semua. Terima Kasih!

Strategi Indonesia untuk Menghadapi Ancaman Ideologi

Strategi Indonesia untuk Menghadapi Ancaman Ideologi - Indonesia sebagai negara yang menganut paham demokrasi Pancasila harus mampu menumbuhkan pemerintahan yang kuat,mandiri,dan tahan uji,serta mampu mengelola konflik kepentingan.Konflik kepentingan dapat menghancurkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia yang pluralistik.Pengelolaan konflik kepentingan dilakukan dengan tetap memperteguh wawasan kebangsaan yang berlandaskan Bhinneka Tunggal Ika.


Bangsa Indonesia harus mampu menunjukkan eksistensinya sebagai negara yang kuat dan mandiri,namun tidak meninggalkan kemitraan dan kerja sama dengan negara-negara lain dalam hubungan yang seimbang,saling menguntungkan,saling menghormati,dan menghargai hak dan kewajiban masing-masing.

Ancaman ideologi sangat erat kaitannya dengan rasa nasionalisme yang dimiliki suatu bangsa.Hal ini telah ditegaskan kembali dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945.Ancaman ideologi merupakan suatu ancaman yang sangat berbahaya karena dapat menyebabkan lunturnya rasa nasionalisme dan bersifat memecah belah kesatuan bangsa.

Sebagai upaya untuk menghadapi ancaman ideologi yang dilakukan bangsa Indonesia sebagai berikut.

  1. menerapkan paham Pancasila dalam segala aktivitas berbangsa dan bernegara
  2. menumbuhkan rasa nasionalisme pada generasi muda melalui pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganeraan (PPKn)
  3. memperkuat kepercayaan rakyat dengan cara menegakkan pemerintahan yang bersih dan berwibawa
  4. ikut serta membela dan menjaga keutuhan bangsa dan negara
  5. memperkuat posisi Indonesia dalam kancah politik Internasional
  6. menegakkan supremasi hukum

0 comments:

Posting Komentar

Materi Lama

    Dukung Kami PKN4ALL Dengan Donasi di https://saweria.co/jokosan | Scan Barcode Di Atas | Kami PKN4ALL Besar Karena Dukungan Anda Semua. Terima Kasih!

    Postingan Populer

     
    Strategi Indonesia untuk Menghadapi Ancaman Ideologi