Dukung Kami PKN4ALL Dengan Donasi di https://saweria.co/jokosan | Scan Barcode Di Samping | Kami PKN4ALL Besar Karena Dukungan Anda Semua. Terima Kasih!

Strategi Indonesia untuk menghadapi ancaman sosial dan budaya

Strategi Indonesia untuk menghadapi ancaman sosial dan budaya - Ancaman Indonesia di bidang sosial dan budaya dibedakan menjadi dua kategori yakni dari dalam dan dari luar.Ancaman sosial dan budaya dari dalam adalah kemiskinan,keterbelakangan,kebodohan dan ketidakadilan yang beredar di suatu negara.Isu-isu tersebut akan menjadi cikal bakal segala permasalahan yang munul seperti terorisme,gerakan separatisme,tindak kekerasan yang bersifat mengancam keutuhan persatuan dan kesatuan rakyat,bangsa,dan negara.

Sedangkan faktor dari luar adalah seperti masuknya nilai-nilai budaya asing dan menggeser bahkan menggantikan tempat budaya dalam negeri sendiri.Hal ini dapat disebabkan oleh adanya perkembangan teknologi baik teknologi informasi maupun telekomunikasi yang notabennya memudahkan masyarakat mengakses informasi maupun berhubungan dengan seseorang sekalipun terpaut dalam jarak yang jauh.Hal ini lama kelamaan akan menyebabkan melemahnya nilai sosial dan budaya dalam sebuah negara yang akhirnya akan menjadi penyebab utama suatu bangsa mudah diserang dari bidang nonmiliter.

Dalam rangka upaya Indonesia menghadapi ancaman di bidang sosial budaya yang pengaruhnya dari luar maka Indonesia melakukan beberapa langkah,strategi dan upaya sebagai berikut.

  • memelihara keselarasan dan keseimbangan fundamental
  • meningkatkan kesadaran akan pentingnya bertoleransi
  • menghargai adanya perbedaan

0 comments:

Posting Komentar

Materi Lama

    Dukung Kami PKN4ALL Dengan Donasi di https://saweria.co/jokosan | Scan Barcode Di Atas | Kami PKN4ALL Besar Karena Dukungan Anda Semua. Terima Kasih!

    Postingan Populer

     
    Strategi Indonesia untuk menghadapi ancaman sosial dan budaya