Dukung Kami PKN4ALL Dengan Donasi di https://saweria.co/jokosan | Scan Barcode Di Samping | Kami PKN4ALL Besar Karena Dukungan Anda Semua. Terima Kasih!

Strategi Indonesia untuk Menghadapi Ancaman Politik

Strategi Indonesia untuk Menghadapi Ancaman Politik - Ancaman politik merupakan salah satu ancaman non-militer yang sifatnya mengancam secara tidak langsung seperti ancaman militer maupun ancaman ideologi yang notabennya memberikan ancaman pertahanan dan keamanan.Berbeda dengan ancaman militer yang dapat mengancam kedaulatan negara,keberlangsungan bangsa,dan keselamatan rakyat,ancaman politik lebih memberikan ancaman pada aspek persepsi individu.

Untuk menghadapi ancaman ini,strategi Indonesia adalah dengan memperkuat asas kebersamaan dan persatuan yang telah dirumuskan dalam perundang-undangan (UUD 1945).Hal ini juga ditegaskan dalam sila ke-3 Pancasila yang berbunyi "Persatuan Indonesia".Kesadaran pentingnya persatuan dan kesatuan agar Indonesia tidak terpecah belah juga sangat diperlukan agar strategi menghadapi ancaman politik ini dapat berjalan dengan baik.


Ancaman nonmiliter pada dasarnya memang dapat menganggu stabilitas suatu negara.Untuk melancarkan strategi Indonesia menghadapi ancaman politik yang umumnya berasal dari dalam negeri dapat dilakukan dengan 2 cara,yaitu sebagai berikut.

Strategi menghadapi ancaman politik dengan pendekatan dari dalam
Strategi pendekatan dari dalam adalah dengan melakukan penataan beserta pembangunan suatu sistem politik negara yang dinamis dan sehat di dalam kerangka negara yang bersifat demokratis .Dengan menerapkan strategi ini diharpkan dapat tercipta suatu stabilitas sistem politik dalam negeri secara dinamis dan berdampak baik sebagia penangkal perpecahan.

Selain itu penguatan di berbagai lembaga negara juga dapat menjadi pilar penopang kesuksesan strategi dan upaya ini.Lembaga negara yang bebas dari korupsi,kolusi,dan nepotisme akan mewujudkan terbentuknya pemeritnahan negara yang sehat dan kokoh seperti yang telah dicantumkan dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia (UUD 1945).

Strategi menghadapi ancaman politik dengan pendekatan dari luar
Upaya Indonesia menghadapi ancaman politik dengan pendekatan dari luar bermaksud mengusahakan upaya dan strategi diplomatik dengan melakukan pendekatan-pendekatan politik luar negeri yang bertujuan membangun sebuah kerja sama antarnegara.Upaya ini dapat meningkatkan rasa saling percaya antarnegara dan mencegah terjadinya konflik antarnegara.


0 comments:

Posting Komentar

Materi Lama

    Dukung Kami PKN4ALL Dengan Donasi di https://saweria.co/jokosan | Scan Barcode Di Atas | Kami PKN4ALL Besar Karena Dukungan Anda Semua. Terima Kasih!

    Postingan Populer

     
    Strategi Indonesia untuk Menghadapi Ancaman Politik