Dukung Kami PKN4ALL Dengan Donasi di https://saweria.co/jokosan | Scan Barcode Di Samping | Kami PKN4ALL Besar Karena Dukungan Anda Semua. Terima Kasih!

Masa Pendobrak

Masa Pendobrak - Pada masa ini,paham nasionalisme telah menjadi roh yang menggerakkan bangsa Indonesia untuk berjuang hingga tetes darah penghabisan.Kemerdekaan bagi bangsa Indonesia merupakan sesuatu yang tidak bisa ditawar-tawar lagi.Dengan semboyan "Merdeka atau Mati" rakyat Indonesia telah mencapai puncak tertinggi dari cita-citanya sebagai bangsa.

Oleh karena itu,saat mendengar bahwa kekuasaan Jepang telah berakhir di Indonesia akibat menyerah kepada Sekutu pada 14 Agustus 1945,para pemimpin pergerakan nasional,seeperti Ir Soekarno,Moh.Hatta,Sutan Syahrir,dan yang lainnya segera bergerak cepat.Mereka tidak ingin menyia-nyiakan momentum yang telah lama mereka dambakan itu.Kemerdekaan sudah ada di depan mata.

Memang sempat terjadi perdebatan sengit antara golongan tua dan golongan muda sehingga terjadi Peristiwa Rengasdengklok.Namun,itu semua tidak menghalangi para tokoh untuk memproklamasikan kemerdekaany.Akhirnya,lewat dua tokoh,yakni Soekarno dan Hatta pada tanggal 17 Agustus 1945 banga Indonesia berhasil memproklamasikan diri sebagai bangsa yang merdeka dan berdaulat penuh.

Dalam konteks ini,nasionalisme telah mengantarkan bangsa Indonesia memasuki gerbang tujuan yang pertama,yakni kemerdekaan.Bangsa Indonesia tidak mungkin mundur lagi.Karena itu,pembentukan pemerintah dan pengakuan dari negara lain menjadi tugas yang mesti dituntaskan agar kemerdekaan itu menjadi sesuatu yang sempurna.Selanjutnya,kecintaan terhadap tanah air menjadi landasan utama saat pembangunan mulai direncanakan dan diwujudkan.

0 comments:

Posting Komentar

Materi Lama

    Dukung Kami PKN4ALL Dengan Donasi di https://saweria.co/jokosan | Scan Barcode Di Atas | Kami PKN4ALL Besar Karena Dukungan Anda Semua. Terima Kasih!

    Postingan Populer

     
    Masa Pendobrak