Dukung Kami PKN4ALL Dengan Donasi di https://saweria.co/jokosan | Scan Barcode Di Samping | Kami PKN4ALL Besar Karena Dukungan Anda Semua. Terima Kasih!

PENTINGNYA BUDAYA SEKOLAH DAN KEYAKINAN DIRI (MENUJU CHARATER BUILDING)

Ada penelitian internasional signifikan yang membuktikanpentingnya budaya sekolah dan keyakinan diri warga sekolah dalam membangun karakter, hal tersebut diungkapkan oleh Lindahl, seorang peneliti senior dibidang pendidikan.
Penelitian ini mengidentifikasi tigahal yang menarik bagi personil sekolah agar berpartisipasi dalam kegiatan yang menjadi program sekolah. Tiga hal tersebut antara lain:
  1. budaya sekolah memiliki dampak langsung pada pembangunan ketahanan dan hasil-hasil sosial, emosional dan akademis;
  2. atribut dan keyakinan yang membentuk budaya sekolah dapat diubah atau diubah, dan
  3. keyakinan inti dari orang-orang di sekolah merupakan dasaruntuk mengubah atau menyesuaikan iklim.
Dalam usaha menerapkan hal tersebut, sangat penting keudukannya ketika guru harus memilih strategi mengajar yang tepat. Karena strategi mengajar yang dipilih secara tepat akan membawa dampak luar biasa bagi pembentukan  culture sekolah. Pada sekolah yang sudah dalam kategori maju, jelas terlihat bahwa budaya sekolah yang merupakan bagian dari unsur paedagogiesmendapat porsi utama. Beberapa indicator paedagogies jelas dinampakkan secara eksplisit. Baik dalam teori mengajar yang dibangun oleh guru maupun kegiatan praktek yang direncanakan.

School Culture atau dikenal budaya sekolah dapat membentuk/menciptakan solidaritas dan dapat mengilhami warga sekolah untuk membentuk komitmen kerja yang luar biasa. Konsep budaya harus jelas dan ada kesesuaian serta mampu mempertahankan fitur positif, agar sekolah dapat bergerak maju dan berkembang dengan lebih mudah. Ini adalah fondasi dimana perubahan kelas dapat terjadi sehingga siswa dapat lebih mudah dalam mengembangkan perilaku positifnya.Lantas apakah budaya sekolah itu?

TENTANG BUDAYA SEKOLAH

School culture atau dikenal budaya sekolah adalah iklim sekolah atau etos sekolah. Kondisi yang menunjukkan seperti apa iklim sekolah yang terbentuk. Sesungguhnya komunitas sekolah dengan segenap isi sumberdaya yang ada merupakan bangunan sistematik. Secara natural, sebagai lembaga pendidikan tentunya berbagai aspek paedagogis dan professional akan terbentuk pada pola kerja yang mapan. Hal ini akan Nampak pada iklim sekolah yang terbentuk, dengan berbagai factor yang mempengaruhinya. Faktor itu berupa keberadaan sekolah dari sisi geografis, jenis input peserta didik dan etos kerja personal sekolah (baik tenaga pendidik maupun kependidikanya).

Pengaruh besar terbentuknya iklim sekolah yang baik bila didukung oleh sumberdaya manusia yang professional, hal ini juga tergantung pada sifat manusia, aktifitasnya dan sejauh mana mampu mengembangkan sikap social yang baik (human relationship).

APA YANG PERLU DIBUDAYAKAN?

Membentuk budaya sekolah memiliki beberapa tahapan, yang paling utama adalah:
  1. budaya yang berkaitan dengan hal-hal seperti pengaturan fisik, bahasa dan apresiasi keberhasilan sekolah (seperti merayakan peristiwa sebelumnya atau prestasi yang pernah dicapai).
  2. budaya mengacu pada sisi asesoris sekolah, seperti pelaksanaan upacara, pemakaian atribut sekolah, seragam sekolah yang telah disepakati.
Dua hal itulah yang akhirnya sekolah dapat menjalankan operasional yang lain agar terbentuk iklim sekolah dan etos kerja yang baik.
Untuk hal tersebut, setiap sekolah hendaknya harus memiliki visi dan misi yang jelas. Bukan sekedar simbolis yang sulit dioperasionalkan.

Anggapan yang salah selama ini adalah, bahwa kemajuan sekolah ditumpukan pada sisi guru sebagai tenaga edukatif. Semoga tulisan ini dapat dijadikan sebagai acuan dalam membangun system dan membentuk school culture yang presentatif.

0 comments:

Posting Komentar

Materi Lama

    Dukung Kami PKN4ALL Dengan Donasi di https://saweria.co/jokosan | Scan Barcode Di Atas | Kami PKN4ALL Besar Karena Dukungan Anda Semua. Terima Kasih!

    Postingan Populer

     
    PENTINGNYA BUDAYA SEKOLAH DAN KEYAKINAN DIRI (MENUJU CHARATER BUILDING)