Agar guru mampu memerankan dirinya sebagai fasilitator pembelajaran, terdapat beberapa hal yang harus dipahami peserta didik yaitu kemampuan, potensi, minat, hobi, sikap, kepribadian, kebiasaan, catatan kesehatan, latar belakang keluarga, dan kegiatannya di sekolah.
Sehubungan dengan pengambangan KTSP, guru perlu memperhatikan perbedaan individual peserta didik, sehingga dalam pembelajaran harus berusaha untuk melakukan hal-hal sebagai berikut:
- mengurangi metode ceramah;
- memberikan tugas yang berbeda bagi setiap peserta didik;
- mengelompokan peserta didik berdasarkan kemampuannya serta disesuaikan dengan mata pelajaran;
- memodifikasi dan memperkaya bahan pembelajaran;
- menghubungi spesialis bila ada peserta didik yang mempunyai kelainan;
- menggunakan prosedur yang bervariasi dalam membuat penilaian dan laporan;
- memahami bahwa peserta didik tidak berkembang dalam kecepatan yang sama;
- mengembangkan situasi belajar yang memungkinkan setiap anak bekerja dengan kemampuan masing-masing pada setiap pelajaran; dan
- mengusahakan keterlibatan peserta didik dalam berbagai kegiatan pembelajaran.
Sumber bacaan: Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan - ROSDA
0 comments:
Posting Komentar