TELAAH SOAL III
A. kesadaran akan nasib bangsanya
B. ingin meningkatkan kehidupan bangsanya
C. memupuk solidaritas bangsanya
D. mengembangkan semangat kebangsaan
2. Di masa penjajahan Belanda, kaum terpelajar berperan sebagai …
A. perintis modernisasi
B. pelopor pergerakan nasional
C. pembela organisasi massa
D. pendobrak sistem pendidikan kuno
3. Belanda tidak hanya mengejar keuntungan, tetapi berkewajiban melindungi rakyat Indonesia dan mendidiknya ke arah pemerintahan sendiri. Hal ini dikemukakan oleh …
A. Douwes Dekker
B. Baron Van Houvvel
C. Van de Venter
D. Van de Bosch
4. Douwes Dekker (Mutatuli) menulis buku yang menggambarkan tentang …
A. keindahan alam Indonesia
B. kesengsaraan rakyat akibat kerja rodi
C. kesengsaraan rakyat Indonesia dikarenakan penyimpangan tanam paksa
D. penderitaan rakyat Indonesia akibat tanam paksa
5. Tujuan dan cita-cita Indische Partij yang dinyatakan dengan tegas, adalah …
A. meningkatkan jiwa persatuan
B. toleransi terhadap pribumi
C. menggalang patriotisme
D. menolak kerjasama
6. Pernyataan :
1) Radjiman Widiodiningrat
2) Danudirjo Setiobudi
3) Otto Iskandardinata
4) Suwardi Suryaningrat
5) Cipto Mangunkusumo
Pendiri Indische Partij, dari pernyataan di atas ditunjukkan nomor …
A. 1 , 2 , dan 4
B. 1 , 3 , dan 5
C. 2 , 3 , dan 4
D. 2 , 4 , dan 5
7. Tujuan dari Organisasi Budi Utomo adalah …
A. mempersatukan bangsawan Jawa
B. mempertinggi derajat bangsa Indonesia
C. membebaskan Indonesia dari kemiskinan
D. persamaan hak warga negara
8. Pernyataan :
1) Multatuli
2) Ki Hajar Dewantara
3) Dr. Sutomo
4) Dr. Cipto Mangunkusumo
5) Dr. Wahidin Sudirohusudo
Penggagas dan pendiri Organisasi Budi Utomo, pada pernyataan di atas ditunjukkan nomor …
A. 1 dan 3
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 3 dan 5
9. Latar belakang berdirinya Budi Utomo adalah …
A. terjadinya persaingan dengan pedagang Cina
B. terbukanya kesempatan bagi bumiputera untuk berpolitik
C. terbukanya peluang bagi pribumi untuk menjabat pegawai kolonial
D. membangkitkan semangat persatuan dan kebangsaan Indonesia
10. Kesadaran Nasional bangsa Indonesia terlahir karena peran dari golongan …
A. Cendekiawan
B. Borjuis
C. Bangsawan
D. Pengusaha
11. Hal terpenting dari adanya Kebangkitan Nasional adalah …
A. perjuangan mengusir penjajah
B. gerakan anti Belanda di Indonesia
C. menyebarkan semangat nasionalisme
D. kesadaran mengubah nasib bangsa terjajah
12. Maksud pemerintah kolonial Belanda membuka sekolah bagi anak pribumi untuk …
A. mempersiapkan bangsa Indonesia untuk merdeka
B. meningkatkan kesejahteraan rakyat pribumi
C. mencetak tenaga administrasi tingkat rendah
D. mencetak tenaga professional pribumi
13. Penyebab perang Hasanudin terhadap pemerintah kolonial Belanda, antara lain .
A. penderitaan rakyat akibat pemberlakuan pajak
B. tindakan VOC menjalankan politik devide et impera
C. melanggar perjanjian Gianti
D. penyerangan pasukan Belanda
14. Perang Padri yang terjadi tahun 1821 – 1837 diawali dengan adanya perselisihan antara .
A. golongan adat dengan Belanda
B. kaum Padri dengan golongan Adat
C. Belanda degan kaum Padri
D. kaum bangsawan dengan para petani
15. Perjuangan kemerdekaan Indonesia sebelum Pergerakan Nasional selalu mengalami kegagalan karena …
A. belum adanya jiwa dan semangat serta kekuatan bangsa yang kuat
B. belum adanya pimpinan yang tangguh
C. gerakan perjuangan belum merakyat
D. hanya mementingkan nasib anggotanya
16. Budi Utomo didirikan dengan maksud untuk …
A. mempererat kesatuan kaum terpelajar
B. mengusir penjajah dari pulau Jawa
C. meningkatkan kehidupan rakyat
D. mempertinggi derajat bangsa
17. Yang mempelopori Budi Utomo terjun ke dalam bidang politik pada Peang Dunia I,
adalah …
A. Sutomo
B. HOS Cokroaminoto
C. Dr. Wahidin Sudirohusodo
D. Ki Hajar Dewantara
18. Penyebab khusus perang Diponegoro terhadap pemerintah kolonial Belanda, antara lain .
A. penderitaan rakyat akibat pemberlakuan pajak
B. pembuatan jalan yang melintasi makam leluhur
C. melanggar perjanjian Gianti
D. penyerangan pasukan Belanda di kediamannya
19. Pernyataan !
1) Moh. Yamin
2) Mr. Soenaryo
3) Amir Syarifudin
4) Ir. Soekarno
5) Sugondo Djoyopuspito
Nama tokoh yang terlibat dalam penyusunan teks Sumpah Pemuda, dalam Konggres Pemuda II ditunjukkan nomor …
A. 1 , 2 , dan 3
B. 1 , 2 , dan 5
C. 2 , 4 , dan 1
D. 3 , 5 , dan 1
20. Makna dari kalimat kedua dalam Sumpah Pemuda adalah …
A. Bersatunya suku-suku bangsa Indonesia
B. Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan
C. Pemuda pemudi Indonesia, ikrar bersama-sama
D. Memegang teguh prinsip bersatu, “tanah air Indonesia”
21. Perjuangan melawan penjajah Belanda terjadi di berbagai daerah, dipimpin para ulama atau kaum bangsawan. Di Sulawesi Selatan dipimpin oleh …
A. Sultan Hasanudin
B. Tuanku Imam Bonjol
C. Pangeran Diponegoro
D. Sultan Ageng Tirtayasa
22. Penderitaan yang dialami bangsa Indonesia, meyadarkan beberapa orang Belanda yang pernah tinggal di Indonesia. Berikut merupakan yang bukan salah satu dari mereka,
yaitu …
A. Van de Venter
B. Van den Bosch
C. Douwes Dekker
D. Baron Van Houvell
23. Buku yang menggambarkan bagaimana penderitaan rakyat Lebak dan Banten akibat penjajahan Belanda, ditulis oleh …
A. Multatuli
B. Daendels
C. Van de Venter
D. Van den Bosch
24. Pengaruh Sumpah Pemuda, 28 Oktober 1928 bagi perjuangan bangsa Indonesia
adalah …
A. Membangkitkan kesadaran nasional
B. Mempercepat proses kemerdekaan Indonesia
C. Belanda bersikap lunak kepada pejuang Indonesia
D. Memperkuat semangat dan tekad para pemuda untuk bersatu
25. Danar adalah seorang pelajar sebuah SMP ternama di kotanya. Ia sangat suka mempelajari computer. Ia ingin menjadi seorang programmer yang unggul berguna bagi nusa dan bangsa.
Tindakan yang dilakukan Ryandanu, mencerminkan penghayatan terhadap makna …
A. Cinta tanah air
B. Cita-cita nasional
C. Kemajuan teknologi
D. Kebangkitan nasional
26. Pernyataan !
1) Persatuan
2) Sumpah Pemuda
3) Perasaan Senasib
4) Kebangkitan Nasional
5) Proklamasi Kemerdekaan
Dari pernyataan di atas, yang merupakan tahap-tahap pembinaan persatuan bangsa Indonesia yang paling menonjol ditunjukkan nomor …
A. 1 , 2 , 3 , dan 4
B. 1 , 2 , 3 , dan 5
C. 1 , 2 , 4 , dan 5
D. 2 , 3 , 4 , dan 5
27. Perhatikan pernyataan berikut !
1) Munculnya masyarakat terdidik
2) Mulai memiliki pemahaman dan kesadaran akan kondisi bangsa Indonesia
3) Mengenyam pendidikan, sadar dengan nasib bangsanya
4) Kondisi terbelakang dan kemiskinan merajalela
Dari pernyataan di atas, yang merupakan dampak positif dari pembangunan sekolah ditunjukkan nomor …
A. 1 , 2 , dan 3
B. 1 , 2 , dan 4
C. 1 , 3 , dan 4
D. 2 , 3 , dan 4
28. Buku berjudul “All ik Nederlands Was” ditulis oleh Suwardi Suryaningrat dengan tujuan
A. Mendapatkan pengakuan Belanda atas Indische Partij
B. Menyindir Belanda yang merayakan kemerdekaan yang ke 100
C. Mempersaukan komponen bangsa dalam mengusir Belanda
D. Mengobarkan semangat bangsa Indonesia melawan Belanda
A. Sosial
B. Politik
C. Keagamaan
D. Perlawanan fisik
30. Sumpah Pemuda menegaskan bahwa bahasa persatuan adalah bahasa Indonesia. Dalam masa kemerdekaan, bahasa Indonesia berfungsi sebgai …. antarsuku.
A. Bahasa negara
B. Bahasa pengantar
C. Alat edukasi
D. Alat komunikasi
31. Ikrar Sumpah Pemuda adalah hasil keputusan tanggal 28 Oktober 1928, dalam …
A. Konggres Sumpah Pemuda
B. Konggres Pemuda I
C. Konggres Pemuda II
D. Rapat pemuda Indonesia
32. Makna kalimat pertama dalam Sumpah Pemuda adalah …
A. Mengakui pemuda dan pemudi Indonesia
B. Mengakui bangsa Indonesia
C. Mengakui tanah air Indonesia
D. Mengakui bahasa Indonesia
33. Tindakan masa kini yang sesuai dengan gagasan Wahidin Sudirohusodo, tentang pendidikan adalah …
A. Hanum, senantiasa membantu temannya yang kesulitan belajar di sekolah
B. Indah, ingin sekolah yang tinggi agar menjadi seorang karyawan di perusahaan terkenal
C. Diana, merasa sangat sedih ketika melihat temannya putus sekolah karena tidak
ada biaya
D. Bagi Gina, pendidikan akan membantunya keluar dari kemiskinan sehingga ia selalu belajar serius di sekolah
34. Tokoh nasionalis dari China yang mempengaruhi nasionalisme di Indonesia adalah …
A. Mahatma Gandhi
B. Mustafa Kemal Pasha
C. Dr. Jose Rizal
D. Dr. Sun Yat Sen
35. Corak Pergerakan Nasional yang menolak kerjasama dengan pemerintahan colonial biasa disebut kelompok …
A. Kooperatif
B. Radikal
C. Non-kooperatif
D. Moderat
36. Yang tidak termasuk tokoh Tiga Serangkai adalah …
A. Tjipto Mangunkusumo
B. Suwardi Suryaningrat
C. Douwes Dekker
D. HOS Tjokroaminoto
37. Kesadaran akan nasib bangsanya mendorong lahirnya Budi Utomo pada tanggal 20 Mei 1908 dengan pelopornya, para mahasiswa …
A. RHS di Jakarta
B. MOSVIA di Jakarta
C. NIAS di Surabaya
D. STOVIA di Jakarta
38. Salah satu faktor yang dapat menyatukan dan mengikat Organisasi Pergerakan Nasional adalah …
A. Adanya kesadaran tentang artinya berpolitik
B. Adanya tujuan yang sama yaitu mencapai kemerdekaan
C. Adanya diskriminasi yang dilakukan Belanda
D. Waktu berdirinya hampir bersamaan
39. Penderitaan yang dialami rakyat akibat penjajahan Belanda menyebabkan …
A. Menggugah semangat penjajah
B. Menyulitkan persatuan bangsa
C. Melahirkan politik balas budi penjajah
D. Mempengaruhi timbulnya Pergerakan Nasional
40. Pada rapat kedua KOnggres Pemuda II membahas masalah …
A. Pelatihan kemandirian bangsa
B. Pendidikan kebangsaan dan demokrasi
C. Pembuatan Ikrar Sumpah Pemuda
D. Mempersiapkan konggres pemuda berikutnya
0 comments:
Posting Komentar