Dukung Kami PKN4ALL Dengan Donasi di https://saweria.co/jokosan | Scan Barcode Di Samping | Kami PKN4ALL Besar Karena Dukungan Anda Semua. Terima Kasih!

Sikap Positif Terhadap Nilai-Nilai Pancasila

Sikap positif terhadap nilai-nilai Pancasila merupakan sikap yang dalam pelaksanaan maupun hasil-hasilnya berdasarkan serta mencerminkan nilai-nilai Pancasila. Menunjukkan sikap positif terhadap nilai-nilai Pancasila adalah menunjukkan perilaku yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai warga negara Indonesia yang baik, kita perlu bersikap positif terhadap Pancasila yang dapat ditunjukkan dengan berperilaku seperti berikut:
  • Sikap dan Perilaku Menjunjung Tinggi Nilai-Nilai Ketuhanan

Dengan menempatkan Pancasila sebagai ideologi terbuka, setiap warga negara lndonesia diberikan kebebasan memilih dan memeluk agama yang diakui oleh pemerintah Indonesia. Sikap dan perilaku positif nilai-nilai Ketuhanan Yang Maha Esa sehubungan dengan Pancasila sebagai ideologi terbuka dapat ditunjukkan sebagai berikut:
  1. Melaksanakan kewajiban dalam keyakinannya terhadap Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab.
  2. Membina kerja sama dan tolong-menolong dengan pemeluk agama lain sesuai dengan situasi dan kondisi di lingkungan masing-masing.
  3. Mengembangkan toleransi antarumat beragama menuju terwujudnya kehidupan yang serasi, selaras, dan seimbang.
  4. Tidak memaksakan suatu agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa kepada orang lain. dan lain-lain.
  • Sikap dan Perilaku Menjunjung Tinggi Nilai-Nilai Kemanusiaan

Dalam menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan sesuai sifat ideologi Pancasila yang terbuka, sikap dan perilaku kita harus senantiasa menempatkan manusia lain sebagai mitra sesuai dengan harkat dan martabatnya. Hak dan kewajibannya dihormati secara beradab. Dengan demikian tidak akan terjadi penindasan dan pemerasan. Sikap dan perilaku positif menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan sehubungan dengan Pancasila sebagai ideologi terbuka dapat ditunjukkan sebagai berikut:
  1. Memperlakukan manusia/orang lain sesuai dengan harkat dan martabatnya sebagai makhluk ciptaan Tuhan.
  2. Mengakui persamaan derajat, hak, dan kewajiban asasi setiap manusia tanpa membedakan suku, agama, ras, kedudukan sosial, dan sebagainya.
  3. Mengembangkan sikap saling cinta sesama manusia, tenggang rasa dan tidak semenamena kepada orang lain.
  4. Gemar melakukan kegiatan kemanusiaan, seperti menolong orang lain, menolong korban banjir, dan lain sebagainya.
  • Sikap dan Perilaku Menjunjung Tinggi Nilai-Nilai Persatuan lndonesia

Sesuai dengan sifat ideologi Pancasila yang terbuka bahwasanya mengharuskan setiap warga negara agar tetap mempertahankan keutuhan dan tegak-kokohnya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sikap dan perilaku positif menjunjung tinggi nilai-nilai persatuan lindonesia sehubungan dengan Pancasila sebagai ideologi terbuka dapat ditunjukkan sebagai berikut:
  1. Sanggup dan rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara jika suatu saat diperlukan.
  2. Mencintai tanah air dan bangga terhadap bangsa dan negara Indonesia.
  3. Mengembangkan persatuan Indonesia atas dasar Bhinneka Tunggal Ika.
  4. Memajukan pergaulan demi persatuan dan kesatuan bangsa.
  • Sikap dan Perilaku Menjunjung Tinggi Nilai-Nilai Permusyawaratan/Perwakilan

Nilai-nilai permusyawaratan/perwakilan mengandung makna bahwa hendaknya kita dalam bersikap dan bertingkah laku menghormati dan mengedepankan kedaulatan negara sebagai perwujudan kehendak seluruh rakyat. Rakyatlah yang sesungguhnya memiliki kedaulatan dan kedudukan terhormat dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Sikap dan perilaku positif menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan sehubungan dengan Pancasila sebagai ideologi terbuka dapat ditunjukkan sebagai berikut:
  1. Mengutamakan musyawarah mufakat dalam setiap pengambilan keputusan untuk kepentingan bersama.
  2. Tidak boleh memaksakan kehendak, melakukan intimidasi dan berbuat anarkis kepada orang/barang milik orang lain jika tidak sependapat.
  3. Mengakui bahwa setiap warga negara Indonesia memiliki kedudukan, hak, dan kewajiban yang sama.
  4. Memberikan kepercayaan kepada wakil-wakil rakyat yang telah terpilih untuk melaksanakan musyawarah dan menjalankan tugasnya dengan sebaik-baiknya.
  • Sikap dan Perilaku Menjunjung Tinggi Nilai-Nilai Keadilan Sosial

Dengan menjunjung tinggi nilai-nilai keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia yang sesuai dengan sifat Pancasila sebagai ideologi terbuka, diharapkan kesejahteraan lahir dan batin yang berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia tanpa kecuali bisa terwujud. Kesejahteraan harus dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat dan merata di seluruh daerah. Sikap dan perilaku positif menjunjung tinggi nilai-nilai keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia sehubungan dengan Pancasila sebagai ideologi terbuka dapat ditunjukkan sebagai berikut:
  1. Mengembangkan sikap gotong royong dan kekeluargaan dengan lingkungan masyarakat sekitar.
  2. Tidak melakukan perbuatan-perbuatan yang dapat merugikan kepentingan orang lain/ umum.
  3. Suka bekerja keras dalam memecahkan atau mencari jalan keluar atas masalah-masalah pribadi, masyarakat, bangsa dan negara.
  4. Suka melakukan kegiatan dalam rangka mewujudkan kemajuan yang merata dan berkeadilan sosial melalui karya nyata

0 comments:

Posting Komentar

Materi Lama

    Dukung Kami PKN4ALL Dengan Donasi di https://saweria.co/jokosan | Scan Barcode Di Atas | Kami PKN4ALL Besar Karena Dukungan Anda Semua. Terima Kasih!

    Postingan Populer

     
    Sikap Positif Terhadap Nilai-Nilai Pancasila