Dukung Kami PKN4ALL Dengan Donasi di https://saweria.co/jokosan | Scan Barcode Di Samping | Kami PKN4ALL Besar Karena Dukungan Anda Semua. Terima Kasih!

5 Alasan Mengapa PKn Sangat Penting Dipelajari

PKn adalah salah satu pembelajaran umum yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk mampu menjadikan sebagai pengontrol terhadap perilaku masyarakat. PKN ini merupkan pembelajaran yang selalu mengikuti perkembangan jaman agar peserta didik sealu paham tentang apa yang seharusnya dilakukan sebagai warga negara yang baik. apalagi dijaman globalisasi seperti ini banyak masyarakat yang kurang memahami tentang funsinya sebagai warga negara. 

Berikut 5 Alasan Mengapa PKn sangat Penting Dipelajari, diantaranya:

1. Menumbuhkan Rasa nasionalisme
   Dengan pembelajaran PKn peserta didik mampu mengharagai bangsa dan negaranya seperti jasa para pahlawan yang membela negara ini.

 2. Menumbuhkan rasa patriotisme
    Setelah peserta didik  mampu menumbuhkan rasa nasionalismenya maka akan tumbuh rasa patriotisme      didalam diri peserta didik karena mampu membela  bangsa dan negaranya tanpa adanya tekanan dari siapapun sehingga rela berkorban dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

3. Menumbuhkan Nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945
    Warga negara yang baik seharusnya mampu menumbuhkan Nilai-Nilai Pancasila dan UUD 1945 sehingga dalam bergaul dalam lingkungan masyarakat akan terarah dan tidak menyimpang serta mampu memiliki jiwa yang toleransi terhadap perbedaan di masyarakat.

4. Memiliki Jiwa yang Demokrasi
   Sebagai warga Negara juga harus Memiliki Jiwa yang Demokrasi yang nantinya akan memiliki sikap menghormati terhadap sesama, bertanggung jawab dalam setiap tindakan, memiliki sikap yang kritis terhadap permasalahan yang terjadi di masyarakat, dan mampu menciptakan budaya yang sehat dan aktif (Culture Of Law).

5. Bertoleransi Dalam Keberagaman
   Peserta didik yang memiliki sikap yang Bertoleransi Dalam Keberagaman mampu menjaga kebudayaannya sebagai identitas bangsa dan negaranya yang beragam, mengharagai anatar umat beragama sehingga menjadikan persatuan dan kesatuan bangsa sehingga keberagaman didalam bangsa indonesia dapat terjaga dan terjalin dengan baik sesuai simbol BHINEKA TUNGGAL IKA.

Itulah beberapa alasan Mengapa PKn Sangat Penting  yang harus diketahuai oleh Peserta didik semoga bermanfaat dan menjadi wawasan sehingga kita bisa menjadi warga negara yang baik dan menjaga bangsa dan negara demi menjaga keutuhan bangsa seseuai dengan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945. Terima Kasih.

0 comments:

Posting Komentar

Materi Lama

    Dukung Kami PKN4ALL Dengan Donasi di https://saweria.co/jokosan | Scan Barcode Di Atas | Kami PKN4ALL Besar Karena Dukungan Anda Semua. Terima Kasih!

    Postingan Populer

     
    5 Alasan Mengapa PKn Sangat Penting Dipelajari