Dukung Kami PKN4ALL Dengan Donasi di https://saweria.co/jokosan | Scan Barcode Di Samping | Kami PKN4ALL Besar Karena Dukungan Anda Semua. Terima Kasih!

METODE PEMBALAJARAN DAN TINGKAH LAKU HASIL BELAJAR

Hampir semua ahli pendidikan mengatakan, bahwa pada prinsipnya tidak ada suatu metode yang allround mencapai semua tujuan pembelajaran. Setiap metode pembelajaran mempunyai potensi yang khas untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Hal ini dikarenakan tujuan pembelajaran dalam suatu proses pembelajaran (terkemas dalam satuan pembelajaran/persiapan mengajar) bersifat majemuk, menyangkut 3 (tiga) ranah: afektif, kognitif dan psikomotorik.
Untuk itu, setiap kita merencanakan suatu pembelajaran disarankan menggunakan metode pembelajaran yang eklektif dan mengintegrasikan berbagai metode secara simultan. Ini berarti, ketika kita mengintegrasikan berbagai metode pembelajaran hendaknya diperhitungkan agar metode yang kita integrasikan benar-benar efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pembelajaran.
Setiap metode pembelajaran dirancang dan berpotensi mencapai pembelajaran tertentu yang bersifat khas. Misalnya:
  1. Metode ceramah: cocok untuk menyampaikan pelajaran yang bersifat informatif, maka akan efektif untuk menambah pengetahuan dan lainnya.
  2. Sedangkan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang orientasi pada psikomotorik/keterampilan-keterampilan tertentu pada siswa, metode yang cocok adalah demonstrasi, observasi dan kerja kelompok.
Pengalaman belajar yang kita miliki akan memekakan kita dalam memilih suatu metode pembelajaran. Karena itu sebagai pendidik, hendaknya kita menyadari benar-benar bahwa dalam menentukan suatu metode dipikirkan, metode apa yang cenderung efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan. Kita juga harus memilah-milah, metode mana yang mudah diterapkan untuk karakteristik tertentu dan metode manakah yang sulit.
Profesionalisme akan terbentuk, bila kita sering mereview pengalaman belajar kita. Kemampuan dedaktif-metodik sangat membantu kita. Memahami referensi sebagai panduan hendaknya terus dilakukan, agar kita tidak merasa bosan dan berat melakukan tugas mengajar.

0 comments:

Posting Komentar

Materi Lama

    Dukung Kami PKN4ALL Dengan Donasi di https://saweria.co/jokosan | Scan Barcode Di Atas | Kami PKN4ALL Besar Karena Dukungan Anda Semua. Terima Kasih!

    Postingan Populer

     
    METODE PEMBALAJARAN DAN TINGKAH LAKU HASIL BELAJAR