6 Cara Kegiatan PKn dalam Memenuhi Karakteristik Peserta didik

6 Cara Kegiatan PKn dalam Memenuhi Karakteristik Peserta didik - Hallo sahabat PPKn untuk Semua (SD SMP SMA SMK) | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kurmed, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 6 Cara Kegiatan PKn dalam Memenuhi Karakteristik Peserta didik, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Tips Mengajar, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 6 Cara Kegiatan PKn dalam Memenuhi Karakteristik Peserta didik
link : 6 Cara Kegiatan PKn dalam Memenuhi Karakteristik Peserta didik

Baca juga


6 Cara Kegiatan PKn dalam Memenuhi Karakteristik Peserta didik

Kebutuhan Peserta Didik selalu dilakukan oleh setiap guru dengan cara apapun semuanya dilakukan untuk kebaikan siswa, namun juga kita sebagai guru lupa akan kebutuhan karakteristik yang harus diberikan kepada peserta didik untuk memberikan hal lebih terutama saat berada dilingkungan sekolah. Kebutuhan-kebutuhan Karakteristik Peserta didik tidak jauh berbeda dengan kebutuhan pada umumnya.

Berikut adalah 6 Cara Kegiatan PKn dalam Memenuhi Karakteristik Peserta didik diantaranya:

1. Kebutuhan Jasmaniah
    Sesuai dengan Teori Hiearki Kebutuhan Dari Maslow, kebutuhan jasmaniah merupakan kebutuhan dasar setiap manusia yang bersifat instinktif dan tidak dipengaruhi oleh lingkungan dan pendidikan. kebutuhan-kebutuhan jasmaniah peserta didik yang perlu mendapatkan perhatian dari guru disekolah antara lain: makanan, minuman, pakaian, oksigen, istirahat, kesehatan jasmani, gerak-gerak jasmani, serta terhindar dari ancaman karena semua itu adalah tanggung jawab guru yang harus diberikan kepada peserta didik.

2. Kebutuhan Rasa Aman
    Rasa aman merupakan suatu kebutuhan yang sangat penting bagi kehidupan peserta didik, terutama rasa aman di dalam kelas dan sekolah. Setiap siswa yang datang kesekolah sangat menambahakan suasana sekolah atau kelas yang aman, nyaman, dan teratur, serta terhindar dari kebisingan dan berbagai situasi yang mengancam. Hilangnya rasa aman dalam diri siswa akan memicu munculnya perasaan cemas, ketakutan, dan kegelisahan. Disamping itu, kehilangan rasa aman dikalangan peserta didik juga dapat menyebabkan rusaknya hubungan interpersonalnya dengan orang lain, membangkitkan rasa benci terhadap orang lain dan mengakibatkan hilangnya motivasi dalam belajar.

3. Kebutuhan Akan Kasih Sayang
    Semua peserta didik sangat membutuhkan kasih sayang, baik dari orang tua, guru, teman-teman sekolah dan dari orang yang ada disekitarnya. Peserta didik yang mendapat kasih sayang akan senang, betah, dan bahagia berada didalam kelas,  serta memiliki motivasi untuk bervartisipasi aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Sebaliknya, peserta didik yang merasa kurang mendapat kasih sayang, akan merasa terisolasi, rendah diri, merasa tida nyaman, sedih, gelisah, bahkan akan mengalami kesulitan dalam mengembangkan diri dalam kegiatan belajar mengajar.

4. Kebutuhan Akan Penghargaan
    Kebutuhan akan penghargaan terlihat dari kecenderungan peserta didik untuk diakui dan diperlakukan sebagai orang yang berharga. mereka ingin memiliki sesuatu, ingin dikenal dan ingin diakui keberadaannya ditengah-tengah orang lain. mereka yang dihargai akan merasa bangga dengan dirinya dan gembira, pandangan dan sikap mereka terhadap dirinya dan orang lain akan positif.

5. Kebutuhan Akan Rasa Bebas
    Peserta didik juga memiliki kebutuhan untuk merasa bebas, terhindar dari kungkungan-kungkungan dan ikatan-ikatan tertentu. Peserta didik yang merasa tidak bebas mengungkapkan apa yang terasa dalam hatinya atau tidak bebas melakukan apa yang diinginkannya, akan mengalami frustasi, merasa tertekan Konflik dsb.

6. Kebutuhan Akan Rasa Sukses
    Peserta didik menginginkan agar setiap usaha yang dilakukannya disekolah, terutama dalam bidang akademis berhasil dengan baik. peserta didik akan merasa senang dan puas apabila pekerjaan yang dilakukannya berhasil, dan merasa kecewa apabila tidak berhasil. Jadi kesuksesan merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi peserta didik.

Itulah 6 Cara Kegiatan PKn dalam Memenuhi Karakteristik Peserta didik,,,, Semoga Bermanfaat dan Terima Kasih


Demikianlah Artikel 6 Cara Kegiatan PKn dalam Memenuhi Karakteristik Peserta didik

Sekianlah artikel 6 Cara Kegiatan PKn dalam Memenuhi Karakteristik Peserta didik kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel 6 Cara Kegiatan PKn dalam Memenuhi Karakteristik Peserta didik dengan alamat link https://pkn4all.blogspot.com/2017/03/6-cara-kegiatan-pkn-dalam-memenuhi.html?m=1

0 comments:

Posting Komentar

 
6 Cara Kegiatan PKn dalam Memenuhi Karakteristik Peserta didik