METODE PEMBALAJARAN DAN TINGKAH LAKU HASIL BELAJAR

METODE PEMBALAJARAN DAN TINGKAH LAKU HASIL BELAJAR - Hallo sahabat PPKn untuk Semua (SD SMP SMA SMK) | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kurmed, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul METODE PEMBALAJARAN DAN TINGKAH LAKU HASIL BELAJAR, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel hasil belajar, Artikel metode, Artikel MISC, Artikel Pembelajaran, Artikel tingkah laku, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : METODE PEMBALAJARAN DAN TINGKAH LAKU HASIL BELAJAR
link : METODE PEMBALAJARAN DAN TINGKAH LAKU HASIL BELAJAR

Baca juga


METODE PEMBALAJARAN DAN TINGKAH LAKU HASIL BELAJAR

Hampir semua ahli pendidikan mengatakan, bahwa pada prinsipnya tidak ada suatu metode yang allround mencapai semua tujuan pembelajaran. Setiap metode pembelajaran mempunyai potensi yang khas untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Hal ini dikarenakan tujuan pembelajaran dalam suatu proses pembelajaran (terkemas dalam satuan pembelajaran/persiapan mengajar) bersifat majemuk, menyangkut 3 (tiga) ranah: afektif, kognitif dan psikomotorik.
Untuk itu, setiap kita merencanakan suatu pembelajaran disarankan menggunakan metode pembelajaran yang eklektif dan mengintegrasikan berbagai metode secara simultan. Ini berarti, ketika kita mengintegrasikan berbagai metode pembelajaran hendaknya diperhitungkan agar metode yang kita integrasikan benar-benar efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pembelajaran.
Setiap metode pembelajaran dirancang dan berpotensi mencapai pembelajaran tertentu yang bersifat khas. Misalnya:
  1. Metode ceramah: cocok untuk menyampaikan pelajaran yang bersifat informatif, maka akan efektif untuk menambah pengetahuan dan lainnya.
  2. Sedangkan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang orientasi pada psikomotorik/keterampilan-keterampilan tertentu pada siswa, metode yang cocok adalah demonstrasi, observasi dan kerja kelompok.
Pengalaman belajar yang kita miliki akan memekakan kita dalam memilih suatu metode pembelajaran. Karena itu sebagai pendidik, hendaknya kita menyadari benar-benar bahwa dalam menentukan suatu metode dipikirkan, metode apa yang cenderung efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan. Kita juga harus memilah-milah, metode mana yang mudah diterapkan untuk karakteristik tertentu dan metode manakah yang sulit.
Profesionalisme akan terbentuk, bila kita sering mereview pengalaman belajar kita. Kemampuan dedaktif-metodik sangat membantu kita. Memahami referensi sebagai panduan hendaknya terus dilakukan, agar kita tidak merasa bosan dan berat melakukan tugas mengajar.



Demikianlah Artikel METODE PEMBALAJARAN DAN TINGKAH LAKU HASIL BELAJAR

Sekianlah artikel METODE PEMBALAJARAN DAN TINGKAH LAKU HASIL BELAJAR kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel METODE PEMBALAJARAN DAN TINGKAH LAKU HASIL BELAJAR dengan alamat link https://pkn4all.blogspot.com/2013/03/metode-pembalajaran-dan-tingkah-laku.html?m=1

0 comments:

Posting Komentar

 
METODE PEMBALAJARAN DAN TINGKAH LAKU HASIL BELAJAR