MODEL PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DI PKN, RELEVANKAH?

MODEL PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DI PKN, RELEVANKAH? - Hallo sahabat PPKn untuk Semua (SD SMP SMA SMK) | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kurmed, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul MODEL PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DI PKN, RELEVANKAH?, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Artikel, Artikel ekspositori, Artikel model pembelajaran, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : MODEL PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DI PKN, RELEVANKAH?
link : MODEL PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DI PKN, RELEVANKAH?

Baca juga


MODEL PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DI PKN, RELEVANKAH?

Pendekatan ekspositori merupakan suatu pendekatan yang ditinjau dari interaksi guru dengan siswa. Dalam pendekatan ini semata-mata siswa tinggal menerima apa yang disajikan oleh guru. Jadi guru telah mempersiapkan dan merencanakan secara sistimatis sehingga siswa dapat menerimanya dengan mudah. Untuk itu dalam proses pembelajaran guru perlu melakukan apersepsi, yaitu mengingatkan kembali pengetahuan yang berkaitan dengan bahan ajar yang akan disajikan. Dalam pembelajaran ini guru menjelaskan panjang lebar, jika perlu guru membuat gambar maupun menggunakan media yang dianggap dapat lebih mempermudah siswa memahami bahan ajar yang disampaikan.

Sekarang ini, kiranya tidak ada lagi guru yang melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan ekspositori, di mana guru tidak memberi kesempatan bertanya kepada siswanya, bahkan sebaliknya, guru mendorong dan menyuruh siswa supaya bertanya, sehingga interaksi tidak hanya satu arah. Yang jelas, dalam pembelajaran model ekspositori ini pada dasarnya siswa tinggal menerima apa yang diberikan guru., berbeda dengan ketrampilan proses, yang mana siswa diberi kesempatan untuk menganalisis suatu permasalahan yang disajikan guru.
Sebagai contoh, misalnya guru menjelaskan mengapa kita harus menghormati jasa pahlawan. Untuk ini diawali dari contoh pemberontakan-pemberontakan untuk melawan penjajah dan selalu dapat dipadamkan oleh penjajah. Selanjutnya guru menjelaskan munculnya ide persatuan untuk mencapai kemerdekaan karena Indonesia tidak mungkin merdeka tanpa persatuan bangsa. Tindak lanjut dari ide tersebut, guru menerangkan proses terjadinya sumpah pemuda dan akhirnya tergalang semua kekuatan bangsa untuk bersama-sama melawan penjajah. Dengan gaya mimik yang cukup simpatik, dilengkapi gambar-gambar yang relevan, guru dapat membuat siswa serius mengikuti cerita guru. Akhirnya guru menjelaskan dan mengarahkan pentingnya kita menghormati para pahlawan.
-------------------------------------------------------------
Baca juga Model Pembelajaran Pendekatan Proses


Demikianlah Artikel MODEL PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DI PKN, RELEVANKAH?

Sekianlah artikel MODEL PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DI PKN, RELEVANKAH? kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel MODEL PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DI PKN, RELEVANKAH? dengan alamat link https://pkn4all.blogspot.com/2012/07/model-pembelajaran-ekspositori-di-pkn.html?m=1

0 comments:

Posting Komentar

 
MODEL PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DI PKN, RELEVANKAH?