Membangun Karakter Guru

Membangun Karakter Guru - Hallo sahabat PPKn untuk Semua (SD SMP SMA SMK) | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kurmed, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Membangun Karakter Guru, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel KOLOM GURU, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Membangun Karakter Guru
link : Membangun Karakter Guru

Baca juga


Membangun Karakter Guru

Membangun Karakter Guru - Guru merupakan faktor penting yang besar pengaruhnya terhadap proses dan hasil belajar, bahkan sangat menentukan berhasil-tidaknya peserta didik dalam belajar. Demikian halnya dengan pengembangan KTSP yang menuntut aktivitas dan kreativitas guru dalam membentuk kompetensi pribadi peserta didik. Oleh karena itu, pembelajaran harus sebanyak mungkin melibatkan peserta didik agar mampu berekplorasi untuk membentuk kompetensi dengan menggali berbagai potensi, dan membangun guru agar mereka mampu menjadi fasilitator dan mitra belajar bagi peserta didiknya.

Agar guru mampu memerankan dirinya sebagai fasilitator pembelajaran, terdapat beberapa hal yang harus dipahami peserta didik yaitu kemampuan, potensi, minat, hobi, sikap, kepribadian, kebiasaan, catatan kesehatan, latar belakang keluarga, dan kegiatannya di sekolah.

Sehubungan dengan pengambangan KTSP, guru perlu memperhatikan perbedaan individual peserta didik, sehingga dalam pembelajaran harus berusaha untuk melakukan hal-hal sebagai berikut:

  1. mengurangi metode ceramah;
  2. memberikan  tugas yang berbeda bagi setiap peserta didik;
  3. mengelompokan peserta didik berdasarkan kemampuannya serta disesuaikan dengan mata pelajaran;
  4. memodifikasi dan memperkaya bahan pembelajaran;
  5. menghubungi spesialis bila ada peserta didik yang mempunyai kelainan;
  6. menggunakan prosedur yang bervariasi dalam membuat penilaian dan laporan;
  7. memahami bahwa peserta didik tidak berkembang dalam kecepatan yang sama;
  8. mengembangkan situasi belajar yang memungkinkan setiap anak bekerja dengan kemampuan masing-masing pada setiap pelajaran; dan
  9. mengusahakan keterlibatan peserta didik dalam berbagai kegiatan pembelajaran.

Sumber bacaan: Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan - ROSDA


Demikianlah Artikel Membangun Karakter Guru

Sekianlah artikel Membangun Karakter Guru kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Membangun Karakter Guru dengan alamat link https://pkn4all.blogspot.com/2012/04/membangun-karakter-guru.html?m=1

0 comments:

Posting Komentar

 
Membangun Karakter Guru