Juli 2022 - Hallo sahabat
PPKn untuk Semua (SD SMP SMA SMK) | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kurmed, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Juli 2022, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan
Artikel IKM,
Artikel IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA,
Artikel KURIKULUM MERDEKA, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.
Judul :
LINK DOWNLOAD KUMPULAN MATERI REFERENSI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKAlink :
LINK DOWNLOAD KUMPULAN MATERI REFERENSI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA
Baca juga
Juli 2022
Link Download Kumpulan Referensi Implementasi Kurikulum Merdeka. 👍👍👍👍👍👍Sebagai bagian dari upaya pemulihan pembelajaran, Kurikulum Merdeka (yang sebelumnya disebut sebagai kurikulum prototipe) dikembangkan sebagai kerangka kurikulum yang lebih fleksibel, sekaligus berfokus pada materi esensial dan pengembangan karakter dan kompetensi peserta didik. Karakteristik utama dari kurikulum ini yang mendukung pemulihan pembelajaran adalah: 1) Pembelajaran berbasis projek untuk pengembangan soft skills dan karakter sesuai profil pelajar Pancasila; 2) Fokus pada materi esensial sehingga ada waktu cukup untuk pembelajaran yang mendalam bagi kompetensi dasar seperti literasi dan numerasi; 3) Fleksibilitas bagi guru untuk melakukan pembelajaran yang terdiferensiasi sesuai dengan kemampuan peserta didik dan melakukan penyesuaian dengan konteks dan muatan lokal.
Pada tahun pelajaran 2022/2023, baik kemendikbud maupun kemenag akan mulai melakukan Implementasi Kurikulum Merdeka melalui jalur mandiri. Berkait dengan hal tersebut pihak kemendikbud telah menerbitkan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kepmendikbudrsitek) Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. Sedangkan Kementerian Agama (Kemenag) telah menerbitkan Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 347 Tahun 2022 Tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Madrasah.
Implementasi Kurikulum Merdeka melalui jalur mandiri pada tahun ajaran 2022/2023 dimulai dari usia 5 (lima) sampai dengan 6 (enam) tahun pada pendidikan anak usia dini, serta peserta didik kelas I, kelas IV, kelas VII, dan kelas X pada jenjang pendidikan dasar dan pendidikan menengah.
Satuan pendidikan pelaksana implementasi Kurikulum Merdeka melalui jalur mandiri tahun ajaran 2022/2023 terdiri dari 3 (tiga) kategori pelaksanaan implementasi: 1) mandiri belajar; 2) mandiri berubah, atau 3) mandiri berbagi.
Kumpulan Link Download Referensi Implementasi Kurikulum Merdeka menyajikan berbagai informasi tentang Implementasi Kurikulum Merdeka, mulai dari konsep hingga strategi implementasi, dilengkapi dengan perangkat pembelajar (modul) ajar, dan buku ajar,
Merdeka Belajar
Aplikasi Merdeka Mengajar
Link Twibbon Profil Pelajar Pancasila
Permendikbudristek Nomor 21 Tahun 2022 Tentang Standar Penilaian Pendidikan PAUD Dikdasmen (PAUD SD/MI SMP/MTs SMA/MA SMK)
KeputusanKepala BSKAP Kemendikbudristek Nomor 025/H/KR/2022 tentang Satuan Pendidikan Pelaksana Implementasi Kurikulum Merdeka Melalui Jalur Mandiri pada TahunAjaran 2022/2023 Tahap 1 (I)
Keputusan Kepala BSKAP Kemendikbudristek Nomor 027/H/KR/2022 Tentang Satuan Pendidikan Pelaksana IKM Jalur Mandiri Tahun Ajaran 2022/2023 Tahap 2 (II).
Keputusan Kepala BSKAP Kemendikbudristek Nomor 034/H/KR/2022 Tentang Satuan Pendidikan Pelaksana (Sekolah) Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) Pada Tahun Ajaran 2022/2023 (DISINI)
Keputusan Kepala BSKAP Kemendikbudristek Nomor 033/H/Kr/2022 Tentang Perubahan Capaian Pembelajaran PAUD DIKDASMEN Pada Kurikulum Merdeka (DISINI)
Permendikbudristek Nomor 5 Tahun 2022 tentang SKL SD/MI SMP/MTS SMA/MA SMK
Permendikbudristek Nomor 7 Tahun 2022 tentang Standar Isi SD/MI SMP/MTS SMA/MA SMK
Permendikbudristek Nomor 16 Tahun 2022 tentang Standar Proses SD/MI SMP/MTS SMA/MA SMK
Kepmendikbudrsitek Nomor56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka PemulihanPembelajaran
KMA Nomor 347 Tahun 2022 Tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka
Tanya jawab Kurikulum Merdeka
Pedoman Penerapan Kurikulum
Dimensi Profil Pelajar Pancasila
Capaian Pembelajaran Revisi 2022
Panduan Pengembangan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Panduan Pembelajaran & Asesmen
Panduan & Contoh Kurikulum Operasional PAUD SD/MI SMP/MTS SMA/MA SMK
Modul Ajar PAUD TK, SD/MI SMP/MTS SMA/MA SMK Semua Mapel
Contoh Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)
Buku Guru dan Buku Siswa Kurikulum Merdeka PAUD SD/MI SMP/MTS SMA/MA SMK
Alur dan Tujuan Pembelajaran (ATP) PAUD SD/MI SMP/MTS SMA/MA SMK
Kepmendikbudristek Nomor 371/M/2021 tentang Program Sekolah Penggerak
Buku Saku atau Buku Panduan Analisis Capaian Hasil Asesmen Nasional untuk Satuan Pendidikan atau Buku Panduan Analisis Rapor Pendidikan
Buku Saku Rapor Pendidikan Untuk Satuan Pendidikan
Buku Saku Rapor Pendidikan Untuk Pemerintah Daerah
MERDEKA BELAJAR
PLATFORM MERDEKA MENGAJAR
TANYA JAWAB KURIKULUM MERDEKA
CAPAIAN PEMBELAJARAN REVISI (NO 033/H/KR/2022)
CAPAIAN PEMBELAJARAN MUATAN LOKAL BAHASA SUNDA
CAPAIAN PEMBELAJARAN MULOK BAHASA JAWA
MODEL LAYANAN BIMBINGAN KONSELING
PEDOMAN PENERAPAN KURIKULUM
DIMENSI PROFIL PELAJAR PANCASILA
PANDUAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA
PANDUAN PEMBELAJARAN DAN ASESMEN
PANDUAN DAN PENGEMBANGAN KURIKULUM OPERASIONAL
MODUL AJAR
CONTOH MODUL PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA
ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN
WEBINAR IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA
BUKU PENGGERAK
STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN TH 2022
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN 2022
STANDAR ISI 2022
STANDAR PENILAIAN 2022
STANDAR PROSES TAHUN 2022
Produk Pelatihan Mandiri
Apa Itu Bukti Karya?
Video Cara Unggah Karya keBukti Karya
Eksplor Karya Guru di Seluruh Indonesia
Panduan Lengkap Platform Merdeka Mengajar
Platform Merdeka Mengajar
Merdeka Belajar EpisodeKelima Belas oleh Mendikbudristek
Materi Paparan Merdeka Belajar Episode Kelima Belas
Kumpulan Video Tutorial Penggunaan Platform Merdeka Mengajar
Buku Saku Platform Merdeka Mengajar
Video Ad Platform Merdeka Mengajar
Testimoni Guru Tentang Platform Merdeka Mengajar
Video Cara Aktivasi AkunPembelajaran
Tanya Jawab Kurikulum Merdeka
Materi Pelatihan Kurikulum Merdeka Untuk Guru
Modul Pelatihan Implementasi Pembelajaran Paradigma Baru (Guru)
Modul Pelatihan Kepemimpinan dan Implementasi Pembelajaran Paradigma Baru (Kepala Sekolah/Pengawas Sekolah)
Panduan dan contoh kurikulum operasional sekolah
Panduan Pembelajaran dan Asesmen
Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Referensi Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Model Layanan Bimbingan Konseling
Panduan Pendidikan Khusus
Dokumen Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) PAUD/TK SD/MI SMP/MTs SMA/MA SMK
Dokumen Modul Ajar PAUD-TK SD/MI SMP/MTS SMA/MA SMK
All Contents Kurikulum Merdeka
Link unduhan informasi dan cara penggunaan Platform Merdeka Mengajar
Infografik Mengenal Platform Merdeka Mengajar
Infografik Cara Instal dan Masuk Platform Merdeka Mengajar
Infografik Menggunakan Kelas dan Asesmen Murid
Infografik Pelatihan Mandiri dan Video Inspirasi
Infografik Menggunakan Aksi Nyata
Infografik Pengenalan Bukti Karya Saya
Infografik Cara Menggunakan Bukti Karya Saya
Video Tutorial Panduan Penggunaan Merdeka Mengajar
User Manual Instal dan Masuk PMM
User Manual Menu Kelas
User Manual Pelatihan Mandiri dan Video Inspirasi
User Manual Bukti Karya Saya
User Manual Asesmen Murid
User Manual Perangkat Ajar
Link Video Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka
Topik: Merdeka Belajar
Mengenali dan Memahami Diri Sebagai Pendidik
Mengenali Diri dan Perannya Sebagai Pendidik
Apa Peran Saya Sebagai Guru
Ingin Menjadi Guru Seperti Apa Saya
Mendidik dan Mengajar
Mendidik Menyeluruh
Pendidikan Selama Satu Abad
Menjadi Manusia (secara) Utuh
Mendampingi Murid Dengan Utuh dan Menyeluruh
Kodrat keadaan
Kodrat Alam
Kodrat Zaman
Asas Trikon
Pendidikan Yang Mengantarkan Keselamatan dan Kebahagiaan
Selamat dan Bahagia
Sistem Among
Merdeka Belajar Abad 21
Medidik dan melatih Kecerdasan Budi Pekerti
Budi Pekerti
Teori Konvergensi dan Pengaruh Pendidikan
Menciptakan Lingkungan Pembelajaran Terbaik bagi Murid
Membimbing Murid, memperbaiki bangsa
Peran Keluarga, Sekolah dan Masyarakat
Topik: Kurikulum
Kurikulum
Apa ituKurikulum?
Mengapa Kurikulum perlu diubah?
Mengapa kurikulum perlu diadaptasi?
Kurikulum dalam Pembelajaran
Pembelajaran dengan Paradigma Baru
Prinsip umum pembelajaran
Capaian Pembelajaran
Capaian Pembelajaran dan Kurikulum
Kompetensi, Capaian Pembelajaran dan Profil Pelajar Pancasila
Struktur Pembelajaran dengan Paradigma Baru
Topik: Perencanaan Pembelajaran
Kurikulum Operasional Sekolah
· Visi dan misi sekolah
· Lingkungan Belajar yang Nyaman
Merumuskan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan Tujuan Pembelajaran (TP)
· Panduan Umum Merumuskan Alur TujuanPembelajaran (ATP) dan Tujuan Pembelajaran (TP)
· Merumuskan ATP dan TP (IPAS)
· Contoh ATP dan TP IPAS Fase B
· Merumuskan ATP dan TP (PPKn)
· Contoh ATP dan TP PPKn SMP Fase D
· Merumuskan ATP dan TP (Seni Rupa)
· Contoh ATP dan TP Seni Rupa Fase E
· Merumuskan Tujuan Pembelajaran (TP) PAUD
· Contoh TP PAUD
Membuat dan memodifikasi modul ajar
· Pemahaman bermakna dan Pertanyaan Pemantik
· Indikator Pencapaian Kompetensi
· Merancang Asesmen pembelajaran PAUD
· Contoh Indikator Pencapaian Kompetensi IPAS SD
· Merancang Asesmen pembelajaran SD
· Contoh Rubrik dan Lembaran Aktivitas Asesmen pembelajaran SD
· Contoh Indikator Pencapaian Kompetensi PPKn SMP
· Merancang Asesmen pembelajaran SMP
· Merancang Asesmen pembelajaran SMA/SMK
Merumuskan Modul Ajar
· Media Pembelajaran
· Modul Ajar
· Membuat Modul Ajar PAUD
· Contoh Modul Ajar PAUD
· Memodifikasi Modul Ajar PAUD
· Contoh modifikasi Modul Ajar PAUD
· Membuat Modul Ajar SD (IPAS)
· Contoh Modul Ajar SD (IPAS)
· Memodifikasi Modul Ajar SD (Matematika)
· Contoh Modifikasi Modul Ajar SD (Matematika)
· Membuat Modul Ajar SMP (PPKn)
· Contoh Modul Ajar SMP (PPKn)
· Memodifikasi Modul Ajar SMP (BahasaIndonesia)
· Contoh Modul Ajar SMP (Bahasa Indonesia)
· Modul Ajar SMA (Sejarah)
· Contoh Modul Ajar SMA (Sejarah)
· Memodifikasi Modul Ajar SMA (Seni)
Refleksi dalam pembelajaran
· Refleksi sebagai bagian dari pembelajaran di PAUD
· Refleksi sebagai bagian dari pembelajaran di SD
· Refleksi sebagai bagian dari pembelajaran di SMP dan SMA/SMK
Asesmen
Memahami Asesmen
· Asesmen sebagai bukti pembelajaran
· Contoh pertantayaan refleksi asesmen
· Asesmen as, for dan of learning
· Metode Asesmen
· Format Asesmen
· Kurikulum dan Asesmen
Menyiapkan Asesmen
· Asesmen Diagnostik
· Asesmen Diagnostik PJOK
· Contoh Rubrik Penilaian PJOK
· Membuat lembar amatan Bahasa Indonesia (JenjangSMP-SMA/SMK)
· Contoh lembar amatan Bahasa Indonesia (Jenjang SMP-SMA/SMK)
· Membuat Rubrik Penilaian Informatika (Jenjang SMP-SMA/SMK)
· Contoh Rubrik Penilaian Informatika (Jenjang SMP-SMA/SMK)
· Membuat lembar amatan Bahasa Indonesia (Jenjang SD)
· Contoh Lembar amatan Bahasa Indonesia (Jenjang SD)
· Asesmen Harian (PAUD)
· Membuat lembar amatan (PAUD)
Menggunakan Asesmen
· Merencanakan tindak-lanjut asesmen (semua jenjang)
· Merencanakan tindak-lanjut asesmen PAUD
· Merencanakan tindak-lanjut asesmen Matematika(SD, SMP, SMA/SMK)
· Memberikan umpan balik (semua jenjang)
· Laporan Hasil Belajar PAUD
· Pelaporan Hasil Belajar PAUD
· Memberi Umpan Balik hasil asesmen PAUD
· Menganalisis dan mengolah hasil asesmen PAUD
· Mengolah hasil Asesmen dan Laporan Hasil BelajarAlternatif 1 (SD, SMP, SMA/SMK)
· Contoh hasil Asesmen dan Laporan Hasil Belajar Alternatif 1 (SD, SMP, SMA/SMK
· Mengolah hasil Asesmen dan Laporan Hasil BelajarAlternatif 2 (SD, SMP, SMA/SMK)
· Contoh hasil Asesmen dan Laporan Hasil Belajar Alternatif 2 (SD, SMP, SMA/SMK)
· Mengolah hasil Asesmen dan Laporan Hasil BelajarAlternatif 3 (SD, SMP, SMA/SMK)
· Contoh hasil Asesmen dan Laporan Hasil Belajar Alternatif 3 (SD, SMP, SMA/SMK)
· Pelaporan belajar oleh murid (semuajenjang)
Topik: Profil Pelajar Pancasila
Pembelajaran dan Profil Pelajar Pancasila
· Urgensi Profil Pelajar Pancasila
· Dimensi Profil Pelajar Pancasila
· Bagaimana dimensi Profil Pelajardikembangkan
Dimensi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
· Dimensi Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia
· Dimensi Berkebinekaan Global
· Dimensi Bergotong Royong
· Dimensi Mandiri
· Dimensi Bernalar Kritis
· Dimensi Kreatif
Elemen dalam Dimensi Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia
· Elemen Akhlak Beragama
· Alur Perkembangan Elemen Akhlak Beragama
· Elemen Akhlak Pribadi
· Alur Perkembangan Elemen Akhlak Pribadi
· Elemen Akhlak Kepada Manusia
· Alur Perkembangan Elemen Akhlak kepada Manusia
· Teknik 'MATA' untuk Membangun Empati di Kelas
· Elemen akhlak kepada alam
· Alur Perkembangan Elemen kepada Alam
· Elemen Akhlak Bernegara
· Alur Perkembangan Elemen Akhlak Bernegara
Elemen dalam Dimensi Berkinekaan Global
· Elemen Mengenal dan Menghargai Budaya
· Alur Perkembangan Elemen Mengenal danMenghargai Budaya
· Elemen komunikasi dan interaksi antar budaya
· Alur Perkembangan Elemen Komunikasi danInteraksi Antarbudaya
· Elemen Refleksi dan Bertanggung JawabTerhadap Pengalaman Kebinekaan
· Alur Perkembangan Elemen Refleksi danBertanggung Jawab terhadap Pengalaman Kebinekaan
· Elemen berkeadilan sosial
· Alur Perkembangan Elemen Berkeadilan Sosial
Elemen dalam Dimensi Bergotong Royong
· Elemen Kolaborasi
· Alur Perkembangan Elemen Kolaborasi
· Elemen kepedulian
· Alur Perkembangan Elemen Kepedulian
· Elemen berbagi
· Alur Perkembangan Elemen berbagi
Elemen dalam Dimensi Mandiri
· Elemen pemahaman diri dan situasi yangdihadapi
· Alur Perkembangan Elemen Pemahaman Diri danSituasi yang Dihadapi
· Elemen regulasi diri
· Alur Perkembangan Elemen Regulasi Diri
Elemen dalam Dimensi Bernalar Kritis
· Elemen memperoleh dan memproses informasi dangagasan
· Alur Perkembangan Elemen Memperoleh danMemproses Informasi dan Gagasan
· Elemen menganalisis dan mengevaluasi penalaran
· Alur Perkembangan Elemen Menganalisis danMengevaluasi Penalaran
· Elemen refleksi pemikiran dan proses berpikir
· Alur Perkembangan Elemen Refleksi Pemikirandan Proses Berpikir
Elemen dalam Dimensi Kreatif
· Elemen menghasilkan gagasan yang orisinal
· Alur Perkembangan Elemen Menghasilkan Gagasanyang Orisinal
· Elemen Menghasilkan Karya dan Tindakan yangOrisinal
· Alur Perkembangan Elemen Menghasilkan Karyadan Tindakan yang Orisinal
· Elemen Memiliki Keluwesan Berpikir danMencari Alternatif Solusi Permasalahan
· Alur Perkembangan Elemen Memiliki KeluwesanBerpikir dan Mencari Alternatif Solusi Permasalahan
Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran
· Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran (1)
· Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran (2)
· Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaranprojek penguatan pancasila Solusi Permasalahan
· Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaranekstrakurikuler
Topik: Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
· Apa itu Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
· Peran projek dalam penguatan Profil Pelajar Pancasila
· Prinsip projek penguatan Profil PelajarPancasila
Tema Projek
· Tema projek
· Gaya hidup Berkelanjutan (SD-SMA/K)
· Kearifan lokal (SD-SMA/K)
· Bhineka Tunggal Ika (SD-SMA/K)
· Bangunlah Jiwa dan Raganya (SMP-SMA/K)
· Suara Demokrasi (SMP-SMA/K)
· Berekayasa dan Berteknologi untuk Membanguan NKRI (SD-SMA/SMK)
· Kewirausahaan (SD-SMA/SMK)
· Peran Tema dalam Menguatkan Profil Pelajar Pancasila
Merancang Projek Penguatan Profil Pancasila
· Peran setiap pemangku kepentingan
· Identifikasi Tahapan Kesiapan
· Pengembangan tema projek setiap fase/ jenjang
· Perencanaan Projek Sebagai Asesmen
Pelaksanaan Projek SMP-SMA/K
· Pelibatan murid dalam projek SMP - SMA/K
· Pelibatan Mitra
· Peran fasilitator dalam projek
· Perayaan hasil belajar projek
Merancang Modul Projek
· Pemilihan Elemen dan Sub-elemen Profil Pelajar Pancasila serta penentuan kriteria pencapaian
· Merancang rubrik asesmen projek SD
· Contoh rubrik asesmen projek SD
· Merancang rubrik asesmen projek SMP
· Merancang rubrik asesmen projek SMA/SMK
· Contoh rubrik asesmen projek SMA/SMK
· Merancang Modul Projek (P5) SMA/K Bangun Jiwa Raga
· Merancang Modul Projek (P5) SMA/K Berekayasa dan Berteknologi untuk NKRI
· Merancang Modul Projek (P5) SMK Keberkerjaan
· Merancang/ Memodifikasi Modul Projek SMP Suara Demokrasi
· Merancang/ Memodifikasi Modul Projek SMP Bhinneka Tunggal Ika
· Merancang/ Memodifikasi Modul Projek SD (Gaya Hidup Berkelanjutan)
· Contoh Modul Projek SD (Gaya Hidup Berkelanjutan)
· Merancang/ Memodifikasi Modul Projek SD (KearifanLokal)
· Contoh Modul Projek SD (Kearifan Lokal)
· Merancang/ Memodifikasi Modul Projek SD (Kewirausahaan)
· Contoh Modul Projek SD (Kewirausahaan)
· Buku Guru dan Buku Siswa Kurikulum Merdeka (Sekolah Penggerak Kelas 2
· Buku Guru dan Buku Siswa Kurikulum Merdeka (Sekolah Penggerak Kelas 5
· Buku Guru dan Buku Siswa Kurikulum Merdeka (Sekolah Penggerak Kelas 8
· Aplikasi Rapor Kurikulum Merdeka (Kurikulum Sekolah Penggerak) Dapodik
· Aplikasi Rapor Kurikulum Merdeka (Kurikulum Sekolah Penggerak) Excel
· Buku Panduan Komunitas Belajar: Seri Belajar Kurikulum
· Modul Ajar SMK Pusat Keunggulan dan Pelaksana IKM
Demikian informasi tentang Kumpulan Link Download Referensi Implementasi Kurikulum Merdeka. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.
Link Download Kumpulan Referensi Implementasi Kurikulum Merdeka. 👍👍👍👍👍👍Sebagai bagian dari upaya pemulihan pembelajaran, Kurikulum Merdeka (yang sebelumnya disebut sebagai kurikulum prototipe) dikembangkan sebagai kerangka kurikulum yang lebih fleksibel, sekaligus berfokus pada materi esensial dan pengembangan karakter dan kompetensi peserta didik. Karakteristik utama dari kurikulum ini yang mendukung pemulihan pembelajaran adalah: 1) Pembelajaran berbasis projek untuk pengembangan soft skills dan karakter sesuai profil pelajar Pancasila; 2) Fokus pada materi esensial sehingga ada waktu cukup untuk pembelajaran yang mendalam bagi kompetensi dasar seperti literasi dan numerasi; 3) Fleksibilitas bagi guru untuk melakukan pembelajaran yang terdiferensiasi sesuai dengan kemampuan peserta didik dan melakukan penyesuaian dengan konteks dan muatan lokal.
Pada tahun pelajaran 2022/2023, baik kemendikbud maupun kemenag akan mulai melakukan Implementasi Kurikulum Merdeka melalui jalur mandiri. Berkait dengan hal tersebut pihak kemendikbud telah menerbitkan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kepmendikbudrsitek) Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. Sedangkan Kementerian Agama (Kemenag) telah menerbitkan Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 347 Tahun 2022 Tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Madrasah.
Implementasi Kurikulum Merdeka melalui jalur mandiri pada tahun ajaran 2022/2023 dimulai dari usia 5 (lima) sampai dengan 6 (enam) tahun pada pendidikan anak usia dini, serta peserta didik kelas I, kelas IV, kelas VII, dan kelas X pada jenjang pendidikan dasar dan pendidikan menengah.
Satuan pendidikan pelaksana implementasi Kurikulum Merdeka melalui jalur mandiri tahun ajaran 2022/2023 terdiri dari 3 (tiga) kategori pelaksanaan implementasi: 1) mandiri belajar; 2) mandiri berubah, atau 3) mandiri berbagi.
Kumpulan Link Download Referensi Implementasi Kurikulum Merdeka menyajikan berbagai informasi tentang Implementasi Kurikulum Merdeka, mulai dari konsep hingga strategi implementasi, dilengkapi dengan perangkat pembelajar (modul) ajar, dan buku ajar,
Merdeka Belajar
Aplikasi Merdeka Mengajar
Link Twibbon Profil Pelajar Pancasila
Permendikbudristek Nomor 21 Tahun 2022 Tentang Standar Penilaian Pendidikan PAUD Dikdasmen (PAUD SD/MI SMP/MTs SMA/MA SMK)
KeputusanKepala BSKAP Kemendikbudristek Nomor 025/H/KR/2022 tentang Satuan Pendidikan Pelaksana Implementasi Kurikulum Merdeka Melalui Jalur Mandiri pada TahunAjaran 2022/2023 Tahap 1 (I)
Keputusan Kepala BSKAP Kemendikbudristek Nomor 027/H/KR/2022 Tentang Satuan Pendidikan Pelaksana IKM Jalur Mandiri Tahun Ajaran 2022/2023 Tahap 2 (II).
Keputusan Kepala BSKAP Kemendikbudristek Nomor 034/H/KR/2022 Tentang Satuan Pendidikan Pelaksana (Sekolah) Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) Pada Tahun Ajaran 2022/2023 (DISINI)
Keputusan Kepala BSKAP Kemendikbudristek Nomor 033/H/Kr/2022 Tentang Perubahan Capaian Pembelajaran PAUD DIKDASMEN Pada Kurikulum Merdeka (DISINI)
Permendikbudristek Nomor 5 Tahun 2022 tentang SKL SD/MI SMP/MTS SMA/MA SMK
Permendikbudristek Nomor 7 Tahun 2022 tentang Standar Isi SD/MI SMP/MTS SMA/MA SMK
Permendikbudristek Nomor 16 Tahun 2022 tentang Standar Proses SD/MI SMP/MTS SMA/MA SMK
Kepmendikbudrsitek Nomor56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka PemulihanPembelajaran
KMA Nomor 347 Tahun 2022 Tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka
Tanya jawab Kurikulum Merdeka
Pedoman Penerapan Kurikulum
Dimensi Profil Pelajar Pancasila
Capaian Pembelajaran Revisi 2022
Panduan Pengembangan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Panduan Pembelajaran & Asesmen
Panduan & Contoh Kurikulum Operasional PAUD SD/MI SMP/MTS SMA/MA SMK
Modul Ajar PAUD TK, SD/MI SMP/MTS SMA/MA SMK Semua Mapel
Contoh Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)
Buku Guru dan Buku Siswa Kurikulum Merdeka PAUD SD/MI SMP/MTS SMA/MA SMK
Alur dan Tujuan Pembelajaran (ATP) PAUD SD/MI SMP/MTS SMA/MA SMK
Kepmendikbudristek Nomor 371/M/2021 tentang Program Sekolah Penggerak
Buku Saku atau Buku Panduan Analisis Capaian Hasil Asesmen Nasional untuk Satuan Pendidikan atau Buku Panduan Analisis Rapor Pendidikan
Buku Saku Rapor Pendidikan Untuk Satuan Pendidikan
Buku Saku Rapor Pendidikan Untuk Pemerintah Daerah
MERDEKA BELAJAR
PLATFORM MERDEKA MENGAJAR
TANYA JAWAB KURIKULUM MERDEKA
CAPAIAN PEMBELAJARAN REVISI (NO 033/H/KR/2022)
CAPAIAN PEMBELAJARAN MUATAN LOKAL BAHASA SUNDA
CAPAIAN PEMBELAJARAN MULOK BAHASA JAWA
MODEL LAYANAN BIMBINGAN KONSELING
PEDOMAN PENERAPAN KURIKULUM
DIMENSI PROFIL PELAJAR PANCASILA
PANDUAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA
PANDUAN PEMBELAJARAN DAN ASESMEN
PANDUAN DAN PENGEMBANGAN KURIKULUM OPERASIONAL
MODUL AJAR
CONTOH MODUL PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA
ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN
WEBINAR IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA
BUKU PENGGERAK
STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN TH 2022
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN 2022
STANDAR ISI 2022
STANDAR PENILAIAN 2022
STANDAR PROSES TAHUN 2022
Produk Pelatihan Mandiri
Apa Itu Bukti Karya?
Video Cara Unggah Karya keBukti Karya
Eksplor Karya Guru di Seluruh Indonesia
Panduan Lengkap Platform Merdeka Mengajar
Platform Merdeka Mengajar
Merdeka Belajar EpisodeKelima Belas oleh Mendikbudristek
Materi Paparan Merdeka Belajar Episode Kelima Belas
Kumpulan Video Tutorial Penggunaan Platform Merdeka Mengajar
Buku Saku Platform Merdeka Mengajar
Video Ad Platform Merdeka Mengajar
Testimoni Guru Tentang Platform Merdeka Mengajar
Video Cara Aktivasi AkunPembelajaran
Tanya Jawab Kurikulum Merdeka
Materi Pelatihan Kurikulum Merdeka Untuk Guru
Modul Pelatihan Implementasi Pembelajaran Paradigma Baru (Guru)
Modul Pelatihan Kepemimpinan dan Implementasi Pembelajaran Paradigma Baru (Kepala Sekolah/Pengawas Sekolah)
Panduan dan contoh kurikulum operasional sekolah
Panduan Pembelajaran dan Asesmen
Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Referensi Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Model Layanan Bimbingan Konseling
Panduan Pendidikan Khusus
Dokumen Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) PAUD/TK SD/MI SMP/MTs SMA/MA SMK
Dokumen Modul Ajar PAUD-TK SD/MI SMP/MTS SMA/MA SMK
All Contents Kurikulum Merdeka
Link unduhan informasi dan cara penggunaan Platform Merdeka Mengajar
Infografik Mengenal Platform Merdeka Mengajar
Infografik Cara Instal dan Masuk Platform Merdeka Mengajar
Infografik Menggunakan Kelas dan Asesmen Murid
Infografik Pelatihan Mandiri dan Video Inspirasi
Infografik Menggunakan Aksi Nyata
Infografik Pengenalan Bukti Karya Saya
Infografik Cara Menggunakan Bukti Karya Saya
Video Tutorial Panduan Penggunaan Merdeka Mengajar
User Manual Instal dan Masuk PMM
User Manual Menu Kelas
User Manual Pelatihan Mandiri dan Video Inspirasi
User Manual Bukti Karya Saya
User Manual Asesmen Murid
User Manual Perangkat Ajar
Link Video Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka
Topik: Merdeka Belajar
Mengenali dan Memahami Diri Sebagai Pendidik
Mengenali Diri dan Perannya Sebagai Pendidik
Apa Peran Saya Sebagai Guru
Ingin Menjadi Guru Seperti Apa Saya
Mendidik dan Mengajar
Mendidik Menyeluruh
Pendidikan Selama Satu Abad
Menjadi Manusia (secara) Utuh
Mendampingi Murid Dengan Utuh dan Menyeluruh
Kodrat keadaan
Kodrat Alam
Kodrat Zaman
Asas Trikon
Pendidikan Yang Mengantarkan Keselamatan dan Kebahagiaan
Selamat dan Bahagia
Sistem Among
Merdeka Belajar Abad 21
Medidik dan melatih Kecerdasan Budi Pekerti
Budi Pekerti
Teori Konvergensi dan Pengaruh Pendidikan
Menciptakan Lingkungan Pembelajaran Terbaik bagi Murid
Membimbing Murid, memperbaiki bangsa
Peran Keluarga, Sekolah dan Masyarakat
Topik: Kurikulum
Kurikulum
Apa ituKurikulum?
Mengapa Kurikulum perlu diubah?
Mengapa kurikulum perlu diadaptasi?
Kurikulum dalam Pembelajaran
Pembelajaran dengan Paradigma Baru
Prinsip umum pembelajaran
Capaian Pembelajaran
Capaian Pembelajaran dan Kurikulum
Kompetensi, Capaian Pembelajaran dan Profil Pelajar Pancasila
Struktur Pembelajaran dengan Paradigma Baru
Topik: Perencanaan Pembelajaran
Kurikulum Operasional Sekolah
· Visi dan misi sekolah
· Lingkungan Belajar yang Nyaman
Merumuskan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan Tujuan Pembelajaran (TP)
· Panduan Umum Merumuskan Alur TujuanPembelajaran (ATP) dan Tujuan Pembelajaran (TP)
· Merumuskan ATP dan TP (IPAS)
· Contoh ATP dan TP IPAS Fase B
· Merumuskan ATP dan TP (PPKn)
· Contoh ATP dan TP PPKn SMP Fase D
· Merumuskan ATP dan TP (Seni Rupa)
· Contoh ATP dan TP Seni Rupa Fase E
· Merumuskan Tujuan Pembelajaran (TP) PAUD
· Contoh TP PAUD
Membuat dan memodifikasi modul ajar
· Pemahaman bermakna dan Pertanyaan Pemantik
· Indikator Pencapaian Kompetensi
· Merancang Asesmen pembelajaran PAUD
· Contoh Indikator Pencapaian Kompetensi IPAS SD
· Merancang Asesmen pembelajaran SD
· Contoh Rubrik dan Lembaran Aktivitas Asesmen pembelajaran SD
· Contoh Indikator Pencapaian Kompetensi PPKn SMP
· Merancang Asesmen pembelajaran SMP
· Merancang Asesmen pembelajaran SMA/SMK
Merumuskan Modul Ajar
· Media Pembelajaran
· Modul Ajar
· Membuat Modul Ajar PAUD
· Contoh Modul Ajar PAUD
· Memodifikasi Modul Ajar PAUD
· Contoh modifikasi Modul Ajar PAUD
· Membuat Modul Ajar SD (IPAS)
· Contoh Modul Ajar SD (IPAS)
· Memodifikasi Modul Ajar SD (Matematika)
· Contoh Modifikasi Modul Ajar SD (Matematika)
· Membuat Modul Ajar SMP (PPKn)
· Contoh Modul Ajar SMP (PPKn)
· Memodifikasi Modul Ajar SMP (BahasaIndonesia)
· Contoh Modul Ajar SMP (Bahasa Indonesia)
· Modul Ajar SMA (Sejarah)
· Contoh Modul Ajar SMA (Sejarah)
· Memodifikasi Modul Ajar SMA (Seni)
Refleksi dalam pembelajaran
· Refleksi sebagai bagian dari pembelajaran di PAUD
· Refleksi sebagai bagian dari pembelajaran di SD
· Refleksi sebagai bagian dari pembelajaran di SMP dan SMA/SMK
Asesmen
Memahami Asesmen
· Asesmen sebagai bukti pembelajaran
· Contoh pertantayaan refleksi asesmen
· Asesmen as, for dan of learning
· Metode Asesmen
· Format Asesmen
· Kurikulum dan Asesmen
Menyiapkan Asesmen
· Asesmen Diagnostik
· Asesmen Diagnostik PJOK
· Contoh Rubrik Penilaian PJOK
· Membuat lembar amatan Bahasa Indonesia (JenjangSMP-SMA/SMK)
· Contoh lembar amatan Bahasa Indonesia (Jenjang SMP-SMA/SMK)
· Membuat Rubrik Penilaian Informatika (Jenjang SMP-SMA/SMK)
· Contoh Rubrik Penilaian Informatika (Jenjang SMP-SMA/SMK)
· Membuat lembar amatan Bahasa Indonesia (Jenjang SD)
· Contoh Lembar amatan Bahasa Indonesia (Jenjang SD)
· Asesmen Harian (PAUD)
· Membuat lembar amatan (PAUD)
Menggunakan Asesmen
· Merencanakan tindak-lanjut asesmen (semua jenjang)
· Merencanakan tindak-lanjut asesmen PAUD
· Merencanakan tindak-lanjut asesmen Matematika(SD, SMP, SMA/SMK)
· Memberikan umpan balik (semua jenjang)
· Laporan Hasil Belajar PAUD
· Pelaporan Hasil Belajar PAUD
· Memberi Umpan Balik hasil asesmen PAUD
· Menganalisis dan mengolah hasil asesmen PAUD
· Mengolah hasil Asesmen dan Laporan Hasil BelajarAlternatif 1 (SD, SMP, SMA/SMK)
· Contoh hasil Asesmen dan Laporan Hasil Belajar Alternatif 1 (SD, SMP, SMA/SMK
· Mengolah hasil Asesmen dan Laporan Hasil BelajarAlternatif 2 (SD, SMP, SMA/SMK)
· Contoh hasil Asesmen dan Laporan Hasil Belajar Alternatif 2 (SD, SMP, SMA/SMK)
· Mengolah hasil Asesmen dan Laporan Hasil BelajarAlternatif 3 (SD, SMP, SMA/SMK)
· Contoh hasil Asesmen dan Laporan Hasil Belajar Alternatif 3 (SD, SMP, SMA/SMK)
· Pelaporan belajar oleh murid (semuajenjang)
Topik: Profil Pelajar Pancasila
Pembelajaran dan Profil Pelajar Pancasila
· Urgensi Profil Pelajar Pancasila
· Dimensi Profil Pelajar Pancasila
· Bagaimana dimensi Profil Pelajardikembangkan
Dimensi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
· Dimensi Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia
· Dimensi Berkebinekaan Global
· Dimensi Bergotong Royong
· Dimensi Mandiri
· Dimensi Bernalar Kritis
· Dimensi Kreatif
Elemen dalam Dimensi Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia
· Elemen Akhlak Beragama
· Alur Perkembangan Elemen Akhlak Beragama
· Elemen Akhlak Pribadi
· Alur Perkembangan Elemen Akhlak Pribadi
· Elemen Akhlak Kepada Manusia
· Alur Perkembangan Elemen Akhlak kepada Manusia
· Teknik 'MATA' untuk Membangun Empati di Kelas
· Elemen akhlak kepada alam
· Alur Perkembangan Elemen kepada Alam
· Elemen Akhlak Bernegara
· Alur Perkembangan Elemen Akhlak Bernegara
Elemen dalam Dimensi Berkinekaan Global
· Elemen Mengenal dan Menghargai Budaya
· Alur Perkembangan Elemen Mengenal danMenghargai Budaya
· Elemen komunikasi dan interaksi antar budaya
· Alur Perkembangan Elemen Komunikasi danInteraksi Antarbudaya
· Elemen Refleksi dan Bertanggung JawabTerhadap Pengalaman Kebinekaan
· Alur Perkembangan Elemen Refleksi danBertanggung Jawab terhadap Pengalaman Kebinekaan
· Elemen berkeadilan sosial
· Alur Perkembangan Elemen Berkeadilan Sosial
Elemen dalam Dimensi Bergotong Royong
· Elemen Kolaborasi
· Alur Perkembangan Elemen Kolaborasi
· Elemen kepedulian
· Alur Perkembangan Elemen Kepedulian
· Elemen berbagi
· Alur Perkembangan Elemen berbagi
Elemen dalam Dimensi Mandiri
· Elemen pemahaman diri dan situasi yangdihadapi
· Alur Perkembangan Elemen Pemahaman Diri danSituasi yang Dihadapi
· Elemen regulasi diri
· Alur Perkembangan Elemen Regulasi Diri
Elemen dalam Dimensi Bernalar Kritis
· Elemen memperoleh dan memproses informasi dangagasan
· Alur Perkembangan Elemen Memperoleh danMemproses Informasi dan Gagasan
· Elemen menganalisis dan mengevaluasi penalaran
· Alur Perkembangan Elemen Menganalisis danMengevaluasi Penalaran
· Elemen refleksi pemikiran dan proses berpikir
· Alur Perkembangan Elemen Refleksi Pemikirandan Proses Berpikir
Elemen dalam Dimensi Kreatif
· Elemen menghasilkan gagasan yang orisinal
· Alur Perkembangan Elemen Menghasilkan Gagasanyang Orisinal
· Elemen Menghasilkan Karya dan Tindakan yangOrisinal
· Alur Perkembangan Elemen Menghasilkan Karyadan Tindakan yang Orisinal
· Elemen Memiliki Keluwesan Berpikir danMencari Alternatif Solusi Permasalahan
· Alur Perkembangan Elemen Memiliki KeluwesanBerpikir dan Mencari Alternatif Solusi Permasalahan
Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran
· Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran (1)
· Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran (2)
· Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaranprojek penguatan pancasila Solusi Permasalahan
· Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaranekstrakurikuler
Topik: Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
· Apa itu Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
· Peran projek dalam penguatan Profil Pelajar Pancasila
· Prinsip projek penguatan Profil PelajarPancasila
Tema Projek
· Tema projek
· Gaya hidup Berkelanjutan (SD-SMA/K)
· Kearifan lokal (SD-SMA/K)
· Bhineka Tunggal Ika (SD-SMA/K)
· Bangunlah Jiwa dan Raganya (SMP-SMA/K)
· Suara Demokrasi (SMP-SMA/K)
· Berekayasa dan Berteknologi untuk Membanguan NKRI (SD-SMA/SMK)
· Kewirausahaan (SD-SMA/SMK)
· Peran Tema dalam Menguatkan Profil Pelajar Pancasila
Merancang Projek Penguatan Profil Pancasila
· Peran setiap pemangku kepentingan
· Identifikasi Tahapan Kesiapan
· Pengembangan tema projek setiap fase/ jenjang
· Perencanaan Projek Sebagai Asesmen
Pelaksanaan Projek SMP-SMA/K
· Pelibatan murid dalam projek SMP - SMA/K
· Pelibatan Mitra
· Peran fasilitator dalam projek
· Perayaan hasil belajar projek
Merancang Modul Projek
· Pemilihan Elemen dan Sub-elemen Profil Pelajar Pancasila serta penentuan kriteria pencapaian
· Merancang rubrik asesmen projek SD
· Contoh rubrik asesmen projek SD
· Merancang rubrik asesmen projek SMP
· Merancang rubrik asesmen projek SMA/SMK
· Contoh rubrik asesmen projek SMA/SMK
· Merancang Modul Projek (P5) SMA/K Bangun Jiwa Raga
· Merancang Modul Projek (P5) SMA/K Berekayasa dan Berteknologi untuk NKRI
· Merancang Modul Projek (P5) SMK Keberkerjaan
· Merancang/ Memodifikasi Modul Projek SMP Suara Demokrasi
· Merancang/ Memodifikasi Modul Projek SMP Bhinneka Tunggal Ika
· Merancang/ Memodifikasi Modul Projek SD (Gaya Hidup Berkelanjutan)
· Contoh Modul Projek SD (Gaya Hidup Berkelanjutan)
· Merancang/ Memodifikasi Modul Projek SD (KearifanLokal)
· Contoh Modul Projek SD (Kearifan Lokal)
· Merancang/ Memodifikasi Modul Projek SD (Kewirausahaan)
· Contoh Modul Projek SD (Kewirausahaan)
· Buku Guru dan Buku Siswa Kurikulum Merdeka (Sekolah Penggerak Kelas 2
· Buku Guru dan Buku Siswa Kurikulum Merdeka (Sekolah Penggerak Kelas 5
· Buku Guru dan Buku Siswa Kurikulum Merdeka (Sekolah Penggerak Kelas 8
· Aplikasi Rapor Kurikulum Merdeka (Kurikulum Sekolah Penggerak) Dapodik
· Aplikasi Rapor Kurikulum Merdeka (Kurikulum Sekolah Penggerak) Excel
· Buku Panduan Komunitas Belajar: Seri Belajar Kurikulum
· Modul Ajar SMK Pusat Keunggulan dan Pelaksana IKM
Demikian informasi tentang Kumpulan Link Download Referensi Implementasi Kurikulum Merdeka. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.